Debat? <i>Nyanyiin Aja</i> Dulu!
Debat? <i>Nyanyiin Aja</i> Dulu!

Debat? Nyanyiin Aja Dulu!

By Yudhistira Dwi Putra | 17 Feb 2019 19:40
Jakarta, era.id - Menjelang debat pilpres episode kedua, sekelompok paduan suara mendatangi lokasi di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Di sana, mereka menyanyikan lagu-lagu untuk mengisi waktu sebelum debat benar-benar dimulai.

Para penyanyi itu adalah kelompok paduan suara Gita Bhinneka Choir. Mengenakan kaus yang tercantum nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, puluhan orang itu bernyanyi dengan dipandu oleh seorang dirigen yang lihai bergerak mengatur jalannya lagu.

Salah seorang anggota paduan suara bernama Jhon Miduk Sitorus menyebut pihaknya adalah kumpulan relawan pendukung Jokowi. Mereka bernyanyi lagu-lagu nasional, daerah dan lagu berlirik dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf.

Tak lama kemudian, datang bergerombol para pemuda pendukung pendukung Prabowo Subianto. Mereka mengenakan kaos berkerah berwarna biru yang mencatut nomor urut 02 Prabowo-Sandi di sebelah kanan gedung. Suasana semakin meriah ketika kedua pendukung meneriakkan yel-yel dukungan capres masing-masing.

"Kita total ada 75 orang, bernyanyi ganti-gantian. Target kita menyanyi sampai 50 lagu nasional dan daerah. Dari berbagai kelompok, golongan, suku, dan agama, kita mempersilakan semua ikut bernyanyi," kata Jhon di depan Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Nyanyian mereka juga sambil mengiringi para tokoh dan tamu undangan yang hadir. Pantauan era.id, sejumlah tamu dari tim kampanye pasangan calon Jokowi-Ma'ruf yang telah hadir adalah Erick Thohir, Muhaimin Iskandar, Aria Bima, Arsul Sani, Pramono Anung, hingga Ma'ruf yang tak ikut serta dalam debat kali ini.

Sementara itu, sejumlah tamu dari tim kampanye pasangan calon Prabowo-Sandiaga yang telah hadiri adalah Dahnil Anzar Simanjuntak, Djoko Santoso, Ferdinand Hutahaean, Rachmawati Soekarnoputri, Titiek Soeharto hingga Fahri Hamzah.

Debat yang dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini disiarkan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Debat ini menggagas tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. 

Secara jumlah, segmen debat kedua tak berbeda dari debat pertama antar pasangan calon pada 17 Januari lalu. Namun, ada perbedaan konsep dan teknis di sejumlah segmen.

Segmen pertama, para calon presiden akan memaparkan visi-misi mereka seperti debat perdana kemarin. Lanjut ke segmen kedua dan ketiga, diisi oleh pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis. 

Masuk ke segmen keempat, berformat debat eksploratif (tarung bebas) dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis. Pada segmen kelima, kedua capres akan saling mengajukan pertanyaan terbuka alias bebas yang ditujukan kepada capres lainnya. Sementara, segmen keenam atau terakhir, kedua capres memberikan pernyataan penutup yang bersifat membangun.

Rekomendasi
Tutup