Debat Kedua Pilpres 2019, Prabowo Gelorakan Swasembada

| 17 Feb 2019 20:22
Debat Kedua Pilpres 2019, Prabowo Gelorakan Swasembada
Ilustrasi (Ilham/era.id)
Jakarta, era.id - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan visi-misinya tentang energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Dia bilang, ini adalah masalah inti dalam berbangsa dan bernegara. Karenanya, dia menawarkan, ketika terpilih nanti, swasembada pangan, energi dan air.

"Ini untuk survive-nya suatu bangsa," kata Prabowo dalam acara Debat Pilpres 2019, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Prabowo mengutip data PBB, ada tiga masalah utama, yang juga jadi tolok keberhasilan suatu bangsa. Yaitu, dalam pemenuhan pangan, energi dan air bagi warganya. 

"Kami akan menjamin pangan tersedia dalam harga terjangkau dan kami akan menjamin bahwa petani dan nelayan mendapat imbalan yang memadai," ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengusulkan untuk menurunkan harga listrik, makanan pokok dan pupuk untuk petani. 

"Ini komitmen kami agar Indonesia bisa berdiri di kaki sendiri," katanya.

Selain itu, Prabowo berjanji untuk menjaga pundi-pundi keuangan negara dan memastikannya tidak disimpan di luar negeri.

"Ini bukan salah siapapun, ini salah kita semua," katanya.

Sementara itu, dia memuji Presiden Joko Widodo yang sudah bertugas selama empat tahun dengan pembangunan infrastrukturnya. 

"Beliau bekerja keras untuk membangun infrastruktur. Tapi, namanya Demokrasi, kami tawarkan yang lebih cepat lagi," ujarnya.

Rekomendasi