Jokowi Tanya e-Sports, Prabowo Malah Jelaskan Ketahanan Pangan

Tim Editor

Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Calon presiden Joko Widodo melontarkan pertanyaan mengenai perkembangan digital ekonomi. Jokowi menyebut Indonesia punya peluang dari jalur elektronik sports (e-Sports) dan pengembangan industri digital seperti game Mobile Legend.

Pertanyaan itu dilontarkan Jokowi kepada paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. Arena debat Pilpres 2019 di Hotel Sultan kemudian terdiam sesaat. Sampai akhirnya Sandiaga mengambil kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan Jokowi. 

"You wanna test your vice president. Oke, Terima kasih Pak Presiden," ungkap Sandiaga ketika Prabowo menyerahkan kesempatan menjawab kepadanya, Sabtu (13/4/2019).

Sandiaga menekankan pengembangan digital ekonomi melalui industri game memang sangat penting. Diakuinya sektor ekonomi kreatif yang dikembangkan anak-anak muda Indonesia saat ini berkembang dengan pesatnya. 

Oleh karena itu, Sandi merasa optimis dengan generasi muda Indonesia saat ini. "Ini generasi pop yang positif, optimis dan kreatif. Kembali lagi dengan enterpreneurship yang baik kami akan memfasilitasi industri-industri itu berkembang dengan baik," jawab Sandi.

Mengenai e-Sports yang ditanyakan Jokowi, Sandi menegaskan dirinya mendukung penuh anak-anak muda kreatif yang menjadi ekosistem digital saat ini. Hanya saja, Sandi menekankan kalau e-Sports juga harus dibarengi dengan pemahaman ahlakul karimah. 

Dalam kesempatan selanjutnya, Jokowi kembali melanjutkan pertanyaanya mengenai ekonomi digital. Bitcoin dan kryptocurrency serta big data virtual menjadi topik global yang sedang hangat dibicarakan saat ini. 

Jokowi bilang, pertumbuhan ekonomi digital khususnya di sektor e-Sports telah berkembang dengan pesat bahkan mencapai 25-35 persen dengan pendapatan hampir Rp11-12 Triliun. 

Pertanyaan Jokowi kali ini dijawab oleh capres nomor urut 02. Prabowo mengatakan ekonomi di sektor digital merupakan hal positif. Namun dirinya ingin lebih fokus terhadap swasembada pangan. 


Capres-cawapres nomor urut 02 (Mahesa/era.id)

"Saya memfokuskan nanti kebijakan-kebijakan saya dalam hal-hal mendasar yang menjawab kebutuhan pangan Indonesia," jawab Prabowo. 

Meski dirasa tidak menyambung dengan topik yang ditanyakan Jokowi. Tapi Prabowo menegaskan dirinya mendukung sektor digital, hanya saja ia lebih memprioritaskan diri untuk meningkatkan kualitas swasembada pangan dan sektor sektor pertanian, kelautan, hingga kesejahteraan guru honorer.

"Digital itu bagus tapi kita butuh swasembada pangan. Tapi peningkatan produksi pertanian, tingkatkan penghasilan petani, lindungi nelayan, tingkatkan kualitas hidup honorer," tuturnya.




 
 

Tag: ekonomi kreatif pertumbuhan ekonomi ekonomi digital serunya debat capres

Bagikan: