Lahan yang Dikuasai Prabowo, Empat Kali Luas Singapura

Tim Editor

Debat kedua Pilpres 2019. (Foto: Media Center Prabowo-Sandi)

Jakarta, era.id - Capres petahana Joko Widodo menyebut kalau lawannya Prabowo Subianto menguasai 340.000 hektare atau 3.400 km persegi lahan di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Lahan seluas itu tentu enggak bisa dibilang kecil. 

"Pak Prabowo punya lahan luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare, dan 120.000 hektare di Aceh Tengah," kata Jokowi dalam debat Pilpres di Hotel Sultan, Minggu (17/2) malam.

Soal kepemilikan tanah tersebut Prabowo tak mengelak. Mantan Danjen Kopassus itu mengakui lahan tersebut dikelola negara dan berstatus hak guna usaha (HGU) yang izinnya telah dimilikinya sejak lama.

Kalian tentu penasaran dengan berapa luas lahan tanah yang dikuasai Prabowo. Untuk membandingkannya, mari kita ubah dulu luasnya ke dalam satuan kilometer persegi (km2). Adapun 1 hektar lahan setara dengan dengan 0,01 kilometer persegi.

Jadi kalau Prabowo punya lahan seluas 340.000 hektare, itu artinya sama dengan 3.400 km2. Bila dibandingkan dengan luas negara Singapura yang hanya memiliki 721,5 kilometer persegi (km2) lahan. Artinya Prabowo menguasai lahan empat kali lipat luas Singapura.

Kalau itu belum cukup, mari kita bandingkan dengan salah satu wilayah di Indonesia yakni Bandung Raya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah Metropolitan Bandung memiliki luas lahan sekitar 3.286,9 km2 dengan empat kota kabupaten. 



Di antaranya Kota Bandung dengan luas 167,7 km persegi, Kabupaten Bandung seluas 1,768 km2, Kota Cimahi 40,2 km2, dan Kabupaten Bandung Barat dengan luas 1.311,31 km2. Jika ditotal luas Bandung Raya mencapai 3.286,9 km2.

Dalam debat semalam, Prabowo tak menampik data yang diungkapkan Jokowi. Hanya saja, Prabowo menjelaskan kalau ia hanya menguasai beberapa lahan saja dengan status HGU.

Baca Juga: Jokowi Sebut Prabowo Punya Tanah di Kaltim dan Aceh Tengah

"Saya minta izin, tadi disinggung tentang tanah yang katanya kita kuasai di berbagai tempat. Itu benar. Tapi itu adalah hak guna usaha (HGU), itu adalah milik negara," kata Prabowo. 

Ia menilai, penguasaan lahan tersebut lebih baik jatuh ke tangan bangsa sendiri dari pada tangan asing. Meski begitu Prabowo tak melarang bila nantinya negara mau mengambil lahan tersebut sewaktu-waktu.
 

Tag: jokowi prabowo subianto serunya debat capres

Bagikan: