Senyum Ma'ruf Amin soal Kabar Jokowi Pakai Earpiece

| 18 Feb 2019 16:40
Senyum Ma'ruf Amin soal Kabar Jokowi Pakai <i>Earpiece</i>
Ma'ruf Amin tertawa saat ditanya isu Jokowi gunakan earpiece dalam debat capres kedua (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin hanya bisa tersenyum menanggapi isu soal pasangan pilpresnya, Joko Widodo yang disebut memakai alat bantu komunikasi dalam debat kedua. Menurutnya Jokowi sudah paham dengan apa yang telah dicapainya, sehingga tak perlu menggunakan alat macam-macam.

"Karena beliau paham yang ditanyakan, yang dimintai keterangannya, kan semua sudah pekerjaan beliau," kata Ma'ruf kepada wartawan di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Ma'ruf juga sempat melempar guyonan kalau mungkin saja, ia akan menggunakan alat bantu semacam itu. "(Pak Jokowi) tidak usah pakai dibantu itu sudah hafal semua. Kecuali saya. He he he," canda Ma'ruf.

Kata Mustasyar PBNU itu, berbeda dengan dirinya, tentu Jokowi memahami betul soal infrastruktur, lingkungan hidup, energi, dan pangan yang merupakan tema debat kedua.

"Itu kan memang hari-hari kerjaan beliau. Jadi, ya, saya kira isu itu tidak benar lah," ujarnya.

Usai debat kedua Capres pada Minggu (17/2) malam, Jokowi diisukan memakai alat komunikasi berupa earpiece untuk membantu menjelaskan visi misi dan menjawab pertanyaan panelis.

Isu penggunaan alat bantu komunikasi ini beredar di sejumlah sosial media seperti Instagram dan Twitter milik akun buzzer paslon 02. Diduga, isu ini muncul setelah capres 01 Jokowi dianggap mampu menjawab berbagai data-data dan fakta dengan baik saat berhadapan dengan Prabowo Subianto.

 

Rekomendasi