Menko PMK Kampanyekan Gerakan Indonesia Bersih

Tim Editor

Menko PMK Puan Maharani (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membuka gerakan ‘Indonesia Bersih’. Gerakan ini bertujuan untuk mengkampanyekan perilaku budaya hidup sehat dan lingkungan yang bersih.

Di hadapan peserta Rakernas yang terdiri dari Menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia, Puan menuturkan bahwa inti dari Gerakan Indonesia Bersih adalah membangun dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, yang dapat dimulai dari setiap pribadi, lingkungan keluarga, sampai pada lingkungan yang lebih luas.

“Bersih itu dimulai dari perilaku hidup sehat. Kemudian budaya sehat, hal-hal yang dari awal dilakukan dari sendiri, keluarga, kemudian lingkungannya,” katanya, dalam acara launching Gerakan Indonesia Bersih, di Gedung Manggala Wanabakti, Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (21/2/2019).



Menurut Puan, pola pikir dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu Puan menjelaskan, gerakan ini merupakan salah satu bentuk yang diimplementasikan dari program revolusi mental. 

“Tidak membuang sampah, kemudian menjaga kebersihan, cuci tangan itu penting. Salah satu hal yang simpel. Kemudian mulai sekarang kita akan mengurangi peralatan dari plastik. Sehingga, nantinya itu bumi tidak hanya Indonesia bisa berkurang dari limbah plastiknya,” katanya.

Dia pun meminta agar budaya bersih juga dilakukan di lingkungan Kementerian/Lembaga, kantor-kantor Pemerintah Pusat dan daerah. Hal itu akan memberikan contoh dan dorongan kepada masyarakat.

Terlebih sebagai Ketua Gugus Tugas Nasional Revolusi Mental, Puan juga meminta agar masyarakat untuk ikut berperan dalam mengurangi sampah atau limbah plastik.

“Ini gerakan revolusi mental yang salah satunya adalah gerakan hidup sehat atau gerakan hidup bersih. Ini harus dimulai bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat. Budayanya dulu yang kita-kita lakukan untuk bisa merubah sesuatu yang tidak baik atau tidak sehat menjadi baik dan sehat,” tutupnya.


 

Tag: kemenko pmk puan maharani sampah

Bagikan: