Utak-atik Cakada PDIP

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Penetapan bakal calon kepala daerah (cakada) yang akan diusung PDI Perjuangan pada Pilkada 2018 masih dinamis. Sejumlah figur masih mungkin diusung atau malah berganti nama.

Contohnya, pasangan yang akan diusung PDIP pada Pilkada Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang diperoleh era.id, PDIP membuka peluang mengusung TB Hasanudin-Anton Charliyan. 

Hasanudin merupakan Ketua DPD PDIP Jawa Barat dan Wakil Ketua Komisi I DPR, sedangkan Anton menjabat Wakalemdikpol. Menurut sumber itu, PDIP akan memilih Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai bakal cagub jika Hasanudin menolak diusung.

Untuk Pilkada Jawa Tengah, nama petahana Ganjar Pranowo hampir pasti diusung PDIP. Namun nama wakilnya belum bisa dikerucutkan karena pembahasannya alot.

Kemudian pada Pilkada Sumatera Utara, PDIP sudah menyatakan bakal mengusung mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat sebagai bakal cagub. Pendamping Djarot, kemungkinan besar Sihar Sitorus, mantan Ketua PSMS Medan.

Adapun pada Pilkada Sumsel, PDIP akan berkoalisi dengan Golkar mengusung Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas. Pasangan itu akan segera diumumkan.

PDIP menetapkan bakal cagub-cawagub yang akan diusung berdasarkan berbagai pertimbangan, elektabilitas, kesamaan visi, bersih, mau kerja, dan lainnya.

Malam ini, PDIP melakukan rapat intenal di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta. Sejumlah pimpinan DPD PDIP dikumpulkan untuk membahas paslon yang akan diusung.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan menanyakan bagaimana persiapan seluruh jajaran partai, dan juga rencana pengumuman besok," kata Hasto di kediaman Megawati, Menteng, Jakarta, Sabtu (6/1/2017).

Partai berlambang banteng itu rencananya akan mengumumkan enam paslon cagub dan cawagub dari 171 daerah yang akan dilakukan di Kantor DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu 7 Januari 2017.

Tag: pilkada 2018 sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto

Bagikan: