5 Cagub yang Diumumkan PDIP Hari Ini

Tim Editor

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnopurti (dok. PDIP)

Jakarta, era.id – Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur untuk Pilkada 2018. Berdasarkan informasi yang diperoleh era.id, nama pasangan cagub-cawagub itu akan diumumkan Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2018).

Sebelum diumumkan, Megawati menggelar pertemuan dengan pimpinan PDIP di daerah terkait dan beberapa calon kepala daerah yang akan diusung, di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1) sore hingga malam.

Jawa Barat
PDIP memutuskan memilih TB Hasanuddin-Anton Charliyan untuk diusung pada Pilkada Jabar.
Hasanuddin yang asli Majalengka, saat ini merupakan pimpinan Komisi I DPR, dan mantan Sekretaris Militer era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Adapun Anton Charliyan yang lahir di Tasikmalaya adalah mantan Kapolda Jawa Barat. Dia dekat dengan tokoh agama karena sering berkeliling ke pondok-pondok pesantren di Jawa Barat. Dipilihnya Hasanuddin sekaligus mengonfirmasi batalnya rencana mendukung Ridwan Kamil.

Jawa Tengah
Ganjar Pranowo akan diusung kembali menjadi calon gubernur Jawa Tengah. Nama petahana ini dianggap berhasil membuat kebijakan pro wong cilik. Adapun untuk wakilnya, DPP PDIP menyerahkan penentuan namanya pada kalangan kyai untuk memilih sosok yang berlatar belakang santri.

Megawati sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Maimoen Zubair atau Mbah Moen, serta kyai lainnya, dan juga berkomunikasi dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta Ketua Umum PPP Romahurmuziy.  Nama calon pendamping ganjar diserahkan pada sesepuh dan tokoh agama di Jateng.

Sumatera Utara
Untuk Pilkada Sumatera Utara, PDIP akan mengusung pasangan Djarot Saiful Hidayat- Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane atau Sihar Sitorus. Djarot berpengalaman memimpin daerah karena pernah dua periode menjadi Wali Kota Blitar dan menyelesaikan kepemimpinan di DKI Jakarta. Di Blitar, Djarot mengangkat posisi kota itu jadi kota terkaya nomor dua di Provinsi Jawa Timur.

Sementara Sihar Sitorus adalah mantan Ketua PSMS Medan yang pada Pilpres 2014 masuk sebagai Tim Ahli Ekonomi Jokowi-JK.

Sumatera Selatan
Pada Pilkada Sumsel, PDIP akan mengusung Dodi Reza Alex Noerdin dan berpasangan dengan Giri Ramandha Kiemas. Dodi saat ini menjabat Bupati Musi Banyuasin, sedangkan Giri menjabat Ketua DPRD Provinsi Sumsel dan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel.

Pasangan bakal cagub-cawagub Sumsel yang dipilih PDIP itu masih berusia muda, Dodi 47 tahun dan Giri 37 tahun. 

Kalimantan Barat
PDIP akan mengumumkan memilih Bupati Kabupaten Landak Karolin Margret Natasa sebagai calon gubernur Kalbar. Dia akan berpasangan dengan Suryadman Gidot, mantan Bupati Bengkayang.

Saat terpilih menjadi Bupati Landak, Karolin mendapat 96,62 persen suara pemilih, dan mendapat suara tertinggi seindonesia pada Pileg 2009-2014.


 

Tag: pilkada 2018

Bagikan: