Bakal Cawagub Ganjar Diserahkan ke Kiai
Bakal Cawagub Ganjar Diserahkan ke Kiai

Bakal Cawagub Ganjar Diserahkan ke Kiai

By Yudhistira Dwi Putra | 07 Jan 2018 09:59
Jakarta, era.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan kembali diusung PDI Perjuangan menjadi cagub pada Pilkada Jateng 2018. Namun, nama calon pendamping Ganjar diserahkan untuk dipilih dari kalangan santri oleh para kiai dan sesepuh. 

Berdasarkan sumber era.id, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Maimoen Zubair atau Mbah Moen, serta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy, untuk mencari bakal cawagub Jateng.

Megawati memilih Ganjar sebagai bakal cagub Jateng karena dinilai berhasil menjalankan program pro rakyat pada periode pertama, seperti program kredit khusus untuk pelaku UMKM tanpa agunan dan biaya administrasi, kartu tani untuk kesejahteraan petani dan di bidang pertanian. Dia juga dinilai bersih karena tiga kali berturut-turut mendapat penghargaan KPK sebagai pemerintah daerah dengan tingkat kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk mewujudkan birokrasi yang bersih.

Ganjar Pranowo pernah menjadi anggota DPR pada periode 2004 dan 2009. Dia kemudian ditugaskan maju sebagai Cagub Jateng pada Pilkada 2013.

Dengan tagline kampanye saat itu, "mboten korupsi mboten ngapusi", Ganjar yang berpasangan dengan Heru Sujatmoko mengalahkan petahana Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmojo.

Keputusan mengusung Ganjar pada Pilkada Jateng akan disampaikan Megawati pada Minggu (7/1/2018), bersama dengan diumumkannya pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Pilkada Jabar), Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Sumatera Utara), Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramandha Kiemas (Sumsel), dan Karolin Margret Natasa- Suryadman Gidot (Kalbar).

Tags :
Rekomendasi
Tutup