Jokowi Perkenalkan Tiga Kartu Andalan

| 25 Feb 2019 15:29
Jokowi Perkenalkan Tiga Kartu Andalan
Presiden Jokowi (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Pidato politik calon presiden Joko Widodo dalam acara Konvensi Rakyat yang digelar semalam di Sentul, Bogor, Jawa Barat memunculkan rencana peluncuran tiga kartu andalan baru jika dirinya kembali terpilih pada Pemilu Presiden 2019: kartu sembako, kartu prakerja, kartu indonesia pintar kuliah.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menjelaskan alasan dan rincian ketiga kartu yang jenis sebelumnya memang menjadi program andalan Jokowi. 

Kata Ace, kartu sembako merupakan program yang diperuntukan bagi rakyat berpenghasilan rendah agar mereka memilki keterjangkauan untuk membeli sembako dengan murah. 

"Kita ingin rakyat yang berpenghasilan rendah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa harus dibebani dengan harga sembako yang tidak terjangkau, Selain itu, pemerintahan Jokowi akan melanjutkan Program PKH dan Bantuan Pangan nontunai," tutur Ace kepada wartawan, Senin (25/2/2019).

Lanjut ke kartu prakerja. Kartu ini, kata Ace, merupakan program nyata untuk memastikan agar warga negara yang belum memiliki kemampuan dan keterampilan di dunia kerja akan dilatih dan dibina agar SDM-nya mumpuni. 

"Dengan demikian, pemerintah akan hadir memberikan kemampuan dan peluang kerja kepada mereka. Mereka akan dilatih melalui 3000 BLK yang tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Ketua DPP Golkar tersebut.

Yang terakhir, KIP kuliah. Ace bilang, program KIP kuliah ini merupakan kelanjutan dari Program KIP yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya untuk pelajar dengan wajib belajar 9 tahun.

Pada periode yang kedua, Pemerintahan Jokowi akan menambahkan dengan pemberian bantuan pembiayaan untuk yang melanjutkan ke bangku kuliah.

"Program ini jelas merupakan terobosan baru agar rakyat Indonesia dapat menyelesaikan pendidikan tingginya tanpa harus dibebani dengan biaya kuliah. Tidak ada halangan bagi anak bangsa yang cerdas dan memiliki potensi untuk maju terus dengan menyelesaikan kuliahnya hingga S1," ucap dia.

Dengan ketiga program kartu ini, Ace optimis Indonesia akan semakin maju dengan sumberdaya manusia yang berkarakter, cerdas, memiliki kompetensi, skill dan berdaya saing di tingkat global. 

"Ini merupakan tawaran program yang lebih solutif dan jelas yang akan dilaksanakan pemerintahan Jokowi dalam lima tahun ke depan," pungkasnya.

Rekomendasi