Sandi: Air Panas di Guci Bisa Dikelola Seperti Onsen Jepang

| 01 Mar 2019 13:05
Sandi: Air Panas di Guci Bisa Dikelola Seperti Onsen Jepang
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno sedang berendam di air panas Gucci. (Foto: Istimewa)
Tegal, era.id - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga uno diagendakan mengunjungi Jawa Tengah. Sandi menyempatkan untuk menikmati berendam dan berenang di air panas kawasan Guci Tegal, di hotel tempatnya menginap.

Menurut Sandi, berendam air panas sangat menyehatkan. Membuat aliran darah lebih lancar, membuka pori-pori, dan menyehatkan kulit dari kandungan belerang. Di beberapa negara berendam air panas merupakan sebuah kemewahan, seperti onsen di Jepang.

Onsen adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen.

Sandi menilai, sumber air panas di Guci jika dikelola dengan baik, bisa lebih hebat dari onsen di Jepang. Ini akan menggerakan ekonomi masyarakat, menambah pendapatan dan dikelola secara profesional dengan melibatkan swasta atau public private partnership.

“Jadi kita bikin tempat pemandian-pemandian seperti di Onsen di Jepang. Tidak perlu besar, tapi kecil-kecil dengan fasilitas yang memadai. Para penduduk pun tidak perlu menjual tanahnya, namun bekerjasama dengan sistem bagi hasil,” ujar Sandi, di Guci, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (1/3/2019).

Mantan wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai, Guci menyimpan banyak potensi yang jika dikelola dengan dan baik profesional akan menjadi tujuan wisata dunia.

“Indonesia ini kaya, Indonesia indah. Kita harus memaksimalkan potensi yang kita miliki dan hasilnya digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Rekomendasi