Ahok-Vero Wajib Hadir saat Mediasi

Tim Editor

    Sedang memuat podcast...

    Ahok dan Veronica (Instagram: @basukibtp)

    Jakarta, era.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggugat cerai Veronica Tan ke Pengadilan Negeri Jakarta utara. Ahok diwajibkan hadir dalam mediasi persidangan gugatannya. Mediasi dilakukan supaya perceraian Ahok-Vero bisa dicegah.

    "Pada saat mediasi, penggugat dan tergugat wajib hadir. Ada Undang-Undangnya, itu berdasarkan SEMA No.1 tahun 2016. Wajib hadir karena ada konsekuensi hukumnya," kata Humas PN Jakut Yootje Sampaleng di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Senin (8/1/2018).

    Namun, ketika persidangan dimulai, Yootje mengatakan, kehadiran penggugat dan tergugat bisa diwakili kuasa hukumnya. Yootje tidak ingin berandai apakah Ahok akan datang saat mediasi atau tidak. Apalagi, Ahok sedang menjalani masa tahanan di Mako Brimob.

    "Nanti lah, jangan dulu berandai-andai. Pokoknya, kami sampaikan wajib datang," tukasnya.

    Pengadilan masih menunggu apakah kedua belah pihak sudah menentukan mediator dari masing-masing atau belum. Kemudian, soal sifat mediasinya yang terbuka atau tertutup, Yootje menyerahkan kepada mediator kasus ini.

    "Dari kedua belah pihak kalau sudah mempunyai mediatornya ya terserah, atau mau diserahkan kepada majelis untuk menentukan mediator," ujarnya.

    Berikut infografis yang dibuat tim era.id tentang gugatan cerai Ahok:

    Tag: ahok cerai

    Bagikan :