Makna Sorban Ma'ruf Amin

| 10 Mar 2019 18:46
Makna Sorban Ma'ruf Amin
Ma'ruf bersama para pendukungnya (Tsa Tsia/era.id)
Jakarta, era.id - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin seringkali membagikan sorban bagi para pendukungnya. Sorban ini bukan sorban biasa, sebab sorban berwarna putih ini disertai dengan tanda tangan serta pin bergambar wajah Ma'ruf. 

Biasanya, sorban ini dibagikan Ma'ruf saat melakukan safari politik ke berbagai daerah di Indonesia. Tapi, tak jarang pula ia memberi sorban kepada pendukungnya secara cuma-cuma. Ketika pendukungnya hadir di kediamannya di Jalan Situbondo, Ma'ruf akan mengalungkan sorban itu kepada pendukungnya di akhir acara.

Kata Mustasyar PBNU itu, ada alasan kenapa dirinya selalu memberikan sorban tersebut. Menurut dia, hal itu sebenarnya merupakan bentuk perhatian dan penghargaan bagi pendukungnya.

"Nah itu tanda saja, bahwa saya memberikan penghargaan. Biasanya kan orang dikasih sertifikat, kalau saya tidak memilih sertifikat, tapi sorban," ucap Ma'ruf di sela-sela safari politiknya di Sumatera Utara, Minggu (10/3/2019).

Seakan tak mau membedakan pendukungnya, mantan Rais Aam PBNU itu juga memberikan sorban bagi pendukungnya yang nonmuslim. Sebab, kata dia, pendukungnya bukan hanya umat muslim saja. 

Bahkan, sembari tersenyum, Ma'ruf cerita kalau sorban itu sudah dianggap seperti jimat oleh beberapa pendukungnya. Selain itu, dia bilang, sorban itu seperti jadi bukti nyata kalau pendukungnya pernah bertemu dengan dirinya.

"Bahwa dia sudah bertemu saya, dan saya memberikan penghargaan berupa sorban. Bahkan bukan hanya orang Islam, nonmuslim pun juga."

Rekomendasi