Mendengar Janji Politik Jokowi di Sukabumi

| 11 Apr 2019 17:33
Mendengar Janji Politik Jokowi di Sukabumi
Capres nomor urut 01 Joko Widodo saat kampanye di Sukabumi (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo, melakukan kampanye di Gedung Bazul Asyhab Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (11/4/2019).

Massa pendukung capres petahana ini tampak menyebar di sepanjang jalan Sukabumi yang dilalui Jokowi dan rombongan. Sempat terjadi kepadatan di beberapa titik, seperti Pasar Cibadak, Sukabumi akibat kerumunan massa ini. 

Sekitar pukul 09.23 WIB, dia tiba di lokasi acara bersama istrinya Iriana Joko Widodo.

Massa yang telah menanti kehadiran Jokowi langsung menyambut meriah dengan teriakan, “Jokowi... Jokowi... Jokowi....”

Dalam orasinya, capres petahana ini menyampaikan, pembangunan Tol Bocimi dan jalur ganda kereta api Sukabumi akan dilanjutkan. 

“Jalan Tol Bocimi, 20 tahun ngga bergerak. Sekarang sudah sampai kan ke Cigombong? Tahun depan sampai ke sini (Sukabumi)," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan riuh massa pendukungnya.

Jokowi juga menyampaikan, pembangunan Bandar Udara Sukabumi akan segera dilaksanakan. Diharapkan dengan pembangunan tol, jalur ganda kereta api, dan bandara tersebut dapat meningkatkan potensi ekonomi Sukabumi, khususnya pariwisata.

Jokowi dalam orasinya juga kembali meyakinkan massa pendukungnya bahwa kabar mengenai akan dilarangnya azan dan dihapuskannya pendidikan agama di sekolah adalah bohong. 

“Indonesia itu negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Tidak mungkin ada yang berani melarang itu (azan). Siapapun presidennya”, tegas Jokowi.

Oleh karenanya, capres petahana ini mengajak para pendukungnya untuk meluruskan segala berita bohong, hoaks, yang makin marak menjelang tanggal 17 April ini.

Selain itu, di akhir orasinya, capres nomor urut 01 mengajak agar seluruh masyarakat berbondong-bondong ke TPS untuk memberikan suaranya. “Jangan sampai teman kita tidak hadir. Kalau mau liburan, nyoblos dulu”, ujarnya. Dan tentu saja suara tersebut untuk yang berbaju putih.

Dalam kampanye ini, sejumlah simpatisan diperbolehkan mengungkapkan isi hati kepada Jokowi. Adalah Ika dari Cibadak yang bercerita tentang mudahnya mendapatkan sertifikat tanah, pun gratis. Sertifikat tanah ini akan dipakai untuk kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Saya dapat dua Pak, saya punya PAUD, yang saya nanti-nanti dari dulu, enggak pernah ada sertifikat gratis. Sekarang PAUD dapat sertifikat gratis,” kata Ika yang menyampaikan  langsung kepada capres petahana Jokowi.

Dengan sertifikat tersebut, pengurusan IMB dan kelanjutan ijin operasi mudah dilakukan. “Untuk perpanjangan ijin operasional harus ada kekuatan hukum untuk tanah,” lanjut Ika mengenai manfaat sertifikat yang diterimanya.

Rekomendasi