KPU: 56 Petugas TPS Meninggal, 32 Sakit

Tim Editor

Ilustrasi proses penghitungan suara (Anto/era.id)

Jakarta, era.id - Proses pencoblosan Pemilu 2019 telah usai. Namun, menyisakan duka karena menimbulkan korban. Korban ini terjadi karena kelelahan atau sakit setelah melaksanakan tugasnya melakukan pemungutan dan penghitungan suara yang memakan waktu yang lama.

Sampai saat ini, tercatat ada sebanyak 86 petugas mengalami musibah. 56 di antaranya meninggal dunia, sedangkan 32 lainnya mengalami sakit usai bertugas.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz bilang, data akan terus di-update seiring masih berjalannya rekapitulasi data yang saat ini berada di tingkat kecamatan. 

"Data sangat mungkin masih bertambah karena sekarang rekap suara dikecamatan sedang berlangsung, KPPS, PPS dan PPK terus merekap suara," kata Viryan kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Jajaran KPU pun turut berduka atas kejadian yang menimpa para petugas TPS ini. Kata Viryan, mereka bisa dianggap sebagai pahlawan demokrasi karena turut menyelenggarakan Pemilu 2019. Viryan berharap pemerintah bisa turun tangan membantu mereka. 

"Saya berharap ada layanan kesehatan gratis dari kemenkes/pemda di setiap kecamatan untuk memberi layanan kesehatan kepada jajaran penyelenggara pemilu, baik KPPS, PPS, PPK dan pengawas TPS, PPL dan Panwascam hingga para saksi dari peserta pemilu," jelas Viryan. 

Tag: kpu pemilu 2019 pilpres 2019

Bagikan: