Apa Manfaat Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta?

| 13 Jan 2018 18:00
Apa Manfaat Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta?
Ilustrasi (Wildan/era.id)
Jakarta, era.id - Pulau reklamasi di Teluk Jakarta terus menuai polemik. Sejumlah pihak mengkritisi dampak yang akan ditimbulkan, di antaranya peninggian permukaan air laut dan pencemaran lingkungan.

Kendati demikian, pakar hukum agraria dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Nur Hasan Ismail, mengatakan bahwa pulau hasil reklamasi membawa dampak positif secara geografis. Pulau ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk aktivitas, maupun tempat tinggal masyarakat.

Ditinjau dari aspek sosial-ekonomi, lanjut Hasan, pulau reklamasi nantinya juga bisa digunakan sebagai lahan baru untuk masyarakat membangun lingkungan sosialnya, sekaligus memperluas lapangan pekerjaan.

"Ada penambahan daratan secara geografi. Ini bagus, apalagi Jakarta sudah padat," ujar Hasan, Sabtu (13/1/2017).

Dikatakan Hasan, saat ini semua pihak harusnya memikirkan pemanfaatan pulau hasil reklamasi yang sudah jadi.

Hasan tak menampik ada dampak buruk yang ditimbulkan pulau reklamasi, khususnya bagi lingkungan. Akan tetapi, hal itu dapat ditekan dengan pelaksanaan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang benar, serta pengelolaan lingkungan yang baik.

"Dampak negatif pasti ada. Tetapi kemudian bagaimana fungsi pemerintah dan fungsi lapisan masyarakat lain untuk ikut meminimalisir dampak negatif itu," tutup dia.

 

Tags :
Rekomendasi