Tips agar Tubuh Sehat Saat Mudik

| 28 May 2019 18:02
Tips agar Tubuh Sehat Saat Mudik
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Mudik menggunakan kendaraan pribadi tentu sangatlah menyenangkan. Sebab, kamu bisa mengatur rute tercepat, dan membawa barang bawaan tanpa khawatir bakal kena biaya tambahan. 

Namun pastikanlah kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bahagia, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan. 

Biasanya, kelelahan, badan pegal dan yang paling menyeramkan adalah kecelakaan, bisa menghantui kamu dalam perjalanan mudik.

Untuk mempersiapakan kondisi tubuh yang sehat saat bermudik, Dokter Specialis fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Hasan Sadikin, Ellyana Sungkar memberikan 4 tips yang patut kamu laksanakan. 

1. Siapkan fisik dan stamina

Kalau mau mudik, kamu akan menemukan permasalahan seperti kepadatan volume kendaraan. Selain macet, masalah lainnya saat mudik adalah polusi udara. 

Buat kamu pengendara motor, ada baiknya membawa masker dan sabun pencuci tangan agar badan terhindar bakteri dan virus yang beredar dari udara.

Sementara, buat kamu yang mudik menggunakan bus, persiapkan kondisi yang lebih ekstra. Karena selain bertemu dengan polusi yang begitu kotor, rute perjalanan akan terasa lebih lama ketimbang pakai kendaraan pribadi. 

Jadi, kamu wajib mengoptimalkan jam tidur dan asupan nutrisi yang tepat agar bertahan saat perjalanan mudik. 

2. Selalu membawa obat yang biasa dikonsumsi

Saat di perjalanan mudik, kamu harus bawa peralatan pribadi, termasuk obat-obatan. 

Buat kamu yang memiliki riwayat penyakit kumatan seperti asma, migran dan darah tinggi, bawalah obat peredanya. Biar tak menganggu saat diperjalanan.

3. Jika kelelahan, segara singgah di posko yang disediakan

Tingkat kecelakan selama musim mudik, terdata selalu meningkat. Penyebab utamanya adalah kelelahan pengemudi. Jadi, sangatlah penting untuk bisa memahami kondisi tubuh. 

Jika sudah mulai terasa lelah, segera hampiri posko kesehatan terdekat dan beristirahatlah. 

4. Konsumsi makanan sehat

Kamu disarankan mengkonsumsi makanan sehat sebelum berangkat. Selain itu, bawalah bekal makan yang berasal dari rumah alias diolah sendiri yang terjamin kehigienisan. 

Karenanya, Elly menerangkan, pola yang sehat sangatlah penting buat para pemudik baik yang akan mudik antar kota, daerah dan antar pulau. 

Selain baik untuk diri sendiri, tentu kondisi yang sehat, mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Tags : mudik lebaran
Rekomendasi