Pilot Sekaligus YouTuber Vincent Raditya yang 'Disentil' Kemenhub

| 29 May 2019 15:07
Pilot Sekaligus YouTuber Vincent Raditya yang 'Disentil' Kemenhub
Pilot sekaligus YouTuber Vincent Raditya (Foto: Instagram @vincentraditya)
Jakarta, era.id - Pilot sekaligus YouTuber Vincent Raditya sedang ramai dibicarakan warganet. Gara-garanya, vlog dia yang mengajak Limbad terbang menggunakan pesawat Cessna 172 kepunyaannya. Di vlognya, Vincent mempraktekkan zero gravity hingga Limbad bersuara. 

Video ini dianggap serius Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Buntutnya, otoritas mencabut lisensi penerbangan single engine Vincent.

 

Putusan itu dikuatkan dengan surat bernomor AV.402/0041/DKPPU/v/2019 tertanggal 21 Mei 2019. Surat ini diterbitkan setelah Vincent Raditya dipanggil Kemenhub.

Surat itu juga disampaikan investigasi Kemenhub atas video tersebut. 

a. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan membawa penumpang yang duduk di samping Pilot (Hot Seat), tidak menggunakan shoulder harness sesuai ketentuan dalam CASR 91.105 dan CASR 91.107

b. Capt Vincent Raditya memberikan kendali terbang pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY kepada orang yang tidak berwenang. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam CASR 91.109(a)

c. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum

Sehubungan temuan tersebut di atas, maka Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membatalkan otorisasi Aeroplane Class Rating untuk Single Engine Land di dalam ATPL 6702  Vincent Raditya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menekankan kepada Vincent Raditya agar tidak mengulangi perbuatan tersebut karena dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Meski begitu, Vincent bisa menerbangkan pesawat Cessna 172 lagi, namun dengan beberapa syarat.  "Apabila menginginkan kembali kemampuan Single Engine Land Class Rating, maka dapat mengajukan kembali sesuai ketentuan CASR Part 61," dalam pernyataan Kemenhub.

Vincent Raditya pun memberikan klarifikasi dan kronologi soal dicabutnya lisensi terbang miliknya. Dia menunggahnya di akun YouTube-nya, Vincent Raditya.

"Izinkan saya memberikan statement kepada kalian, bahwa adalah benar lisensi terbang saya dicabut untuk yang single engine," papar dia.

Melalui video berdurasi 3 menitan, pilot maskapai Batik Air itu mengaku kaget lantaran para penonton setianya, ternyata benar-benar peduli akan isi video yang dia sajikan selama ini. 

 

Dia berjanji bakal tetap terus berkarya memproduksi konten-konten video meski sudah tidak lagi berkarier sebagai pilot pesawat terbang.

"Di sini baru saya pahami bahwa netizen bukan hanya angka, saya juga paham tahu apa masalah dari video ini, saya menerima dengan ikhlas," katanya.

"Jadi para netizen ndak perlu khawatir, walaupun tanpa adanya pesawat itu, saya akan terus berjuang membuat konten, saya hanya berharap terus mengikuti isi dari vlog," tambah dia.

Rekomendasi