Mahkamah Konstitusi Dijaga Ketat

Tim Editor

Pengamanan di depan gedung MK (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Pengamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) diperketat jelang sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk Pemilihan Presiden 2019 yang digelar pada Jumat sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (14/6/2019).

Berdasarkan pengamatan di lokasi, barikade beton dan kawat berduri dipasang di depan Gedung MK. Personel Polisi dan TNI pun berjaga di sekitar lokasi. 

Selain itu, sejumlah mobil kendaraan taktis serta juga terlihat disiagakan di beberapa titik di sekitar depan Gedung MK.

Akses menuju gedung MK diperketat sejak memasuki gerbang pintu utama khusus pejalan kaki di ruas jalan Abdul Muis Jakarta. 

Kendaraan bermotor dilarang melintasi jalan tersebut sejak pukul 08.00 WIB. 

Sementara setiap orang yang hendak memasuki lingkungan MK harus melewati pendeteksi logam dan pemeriksaan barang bawaan.

Petugas keamanan internal MK melakukan pengecekan terhadap pengunjung yang ingin memasuki gedung.


Pengamanan di depan gedung MK (Wardhany/era.id)

Para pengunjung diharuskan menukar kartu identitas dengan kartu tanda pengenal agar bisa memasuki area dalam gedung. Mereka juga diminta untuk melewati metal detektor yang ditempatkan di depan pintu masuk lobi gedung.

Sejumlah anjing pelacak juga nampak disiagakan di sudut-sudut dekat pintu masuk Gedung MK

Selain itu, jumlah pengunjung yang memasuki rumah sidang juga dibatasi oleh pihak MK, mengingat terbatasnya tempat dan demi kelancaran serta ketertiban jalannya persidangan.

Pada pukul 08.45 WIB sejumlah kuasa hukum baik dari kubu Prabowo-Sandi maupun Jokowi-Ma'ruf tiba di Gedung MK, dan satu persatu memasuki ruang sidang.

Biar kamu tahu, dalam sidang perdana PHPU yang digelar hari ini, majelis hakim MK akan mendengarkan pokok permohonan pemohon, dalam hal ini kubu calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Sandiaga, yang diwakili tim hukumnya.

Dalam kesempatan tersebut, MK juga mengundang pihak termohon yaitu KPU dan pihak terkait seperti Bawaslu dan kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk hadir dalam sidang perdana tersebut.

Sidang tersebut sebagai tindak lanjut dari didaftarkannya gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke MK oleh kubu Prabowo-Sandi pada Jumat tengah malam, 24 Mei 2019 lalu.
 

Tag: sesudah keputusan kpu mk uji uu ormas perlawanan terakhir prabowo

Bagikan: