Mereka yang Diuntungkan dari Sidang MK

Tim Editor

Aktivitas pedagang di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, siang ini dipadati kerumunan massa dari Gerakan Kedaulatan Nasional Rakyat (GNKR). Massa tersebut diketahui berkumpul untuk mengawal sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Tak hanya aparat keamanan yang mendampingi jalannya aksi tersebut, tetapi juga para pedagang yang berusaha menjamin kebutuhan para pendemo. Mulai dari makanan, minuman, rokok, hingga aksesoris seperti topi pun tak luput ditawarkan para pedagang kepada pendemo.

Bak gayung bersambut. Upaya meraih pundi-pundi rupiah dari jalannya demonstrasi pun berjalan dengan lancar. Sofyan salah satunya. Sambil menggendong tas ransel, dia membawa puluhan topi yang dijualnya seharga Rp10 ribu.


Ada dua jenis topi yang dijual Sofyan yaitu topi baseball dan topi bucket. (Wardhany/era.id) 

Berkeliling dari pukul 08.00 WIB, lelaki asal Karawang, Jawa Barat, ini telah menjual 35 topi kepada pengunjuk rasa dan wartawan. "Ini home industry asalnya dari limbah garmen, jadi harganya cuma Rp10 ribuan," kata Sofyan saat ditemui di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

Seperti Sofyan, ada juga Edi. Pria asal Cirebon, Jawa Barat ini menjual tiker kepada kerumunan massa seharga Rp10 ribu. Banyak ibu-ibu yang membeli tikar ini sebagai alas duduk mereka di jalan raya. 

Dia bilang, cukup banyak yang sudah membeli dagangannya. Hari ini sudah 20 tikar yang dijualnya. "Kita kejar rezeki saja. Meski enggak begitu ramai seperti demo Bawaslu," ungkap Edi.

Selain itu, ada juga penjual tisu kering. Dia adalah Trisno. Pria ini memang biasa berjualan tisu kering. Tapi, melihat ada peluang berjualan di sidang PHPU ini membuat dia mau berjualan di sekitar Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya biasa jualan tisu memang kalau hari biasa. Satu Rp3 ribu," ungkap Trisno.



Supaya kalian tahu, Majelis hakim konstitusi melanjutkan sidang sengketa hasil Pilpres 2019 atau gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). 

Sidang sengketa Pemilu 2019 ini akan berlangsung hingga akhir bulan Juni nanti. Berdasarkan tahapannya, sidang ini bakal diputus pada 28 Juni mendatang.

Tag: sesudah keputusan kpu pedagang kaki lima

Bagikan: