Lagi dan Lagi Soal Rabu Jokowi
Lagi dan Lagi Soal Rabu Jokowi

Lagi dan Lagi Soal Rabu Jokowi

By Moksa Hutasoit | 17 Jan 2018 08:50
Jakarta, era.id – Banyak orang Jawa yang percaya dengan hari baik saat mau melakukan sesuatu. Sesuatu yang nampaknya dipegang teguh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Wali Kota Surakarta itu kerap mengambil keputusan penting pada hari yang sama, yakni Rabu.

Saat dua kali merombak (reshuffle) Kabinet Kerja, 12 Agustus 2015 dan 27 Juli 2016, Jokowi melakukannya tepat di hari Rabu. Pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, juga dilaksanakan Rabu (8/11/2017) lalu di Solo. Jokowi pun menikah dengan Iriana pada Rabu, 24 Desember 1986 silam.

Jika ditelisik, weton saat perombakan Kabinet Kerja itu sama dengan weton kelahiran Jokowi, yakni Rabu Pon. Weton merupakan penghitungan tanggal lahir berdasarkan 7 hari kalender Islam dan 5 hari pasaran Jawa. Weton lazim digunakan untuk menggambarkan karakter atau nasib seseorang.

Presiden Jokowi lahir pada Rabu, 21 Juni 1961. Berdasarkan penanggalan Jawa, Jokowi lahir dengan Neptu masing-masing 7. Neptu merupakan besaran angka atau nilai hari dan pasaran menurut penanggalan Jawa untuk menentukan hari pelaksanaan hajat dan perhitungan baik atau buruknya.

Merujuk kitab primbon, orang yang lahir pada weton Rabu Pon penuh keberuntungan, sangat berhati-hati mengambil keputusan, dan memiliki keterampilan sosial tinggi.

Dan kini, lagi-lagi Jokowi mengambil keputusan penting pada Rabu. Pagi ini, (17/1/2018), Jokowi akan melantik KSAU yang baru dan anggota Watimpres. Dia juga akan melantik Menteri Sosial pengganti Khofifah Indar Parawansa, Idrus Marham. Tapi Jokowi akan tetap mempertahankan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian.

Tonton video bertajuk Jokowi dan Rabu. Video ini sudah pernah ditayangkan di era.id, 6 November lalu

Tags : reshuffle
Rekomendasi
Tutup