Biar Gak Stres, Lampu Merah di Depok Dipasangin Lagu

| 13 Jul 2019 21:00
Biar <i>Gak</i> Stres, Lampu Merah di Depok Dipasangin Lagu
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Twitter/IdrisAShomad
Jakarta, era.id - Wali Kota Depok Mohammad Idris punya cara unik untuk menurunkan tingkat stres warganya kala berhadapan dengan kemacetan. Ia mau memutar lagu-lagu daerah di setiap lampu merah yang ada di persimpangan jalan. 

Ide ini bakal diujicobakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Namun, pemasangan lagu di lampu merah, baru sebatas gagasan dan masih perlu dikaji kembali. 

"Tentu kita bisa koordinasi dengan pihak-pihak yang berkaitan, misalnya Polresta yang bisa dimintai pendapatnya. Jangan-jangan punya pandangan berbeda. Ketika orang keasyikan dengar lagu, eh dia lupa jalanin mobilnya," kutip dari Kompas, Sabtu (13/7/2019).

Ia pun tak mengetahui, kajian ini dapat selesai hingga kapan. Sebab, butuh waktu yang lama menentukan efektif atau tidaknya kebijakan ini. “Tidak terbatas sampai kapannya, karena koordinasi itu tak terbatas sampai kapan. Ini baru ide saja apakah baik atau tidak, dampaknya seperti apa,” tambahnya.

Saat ini, pemerintah kota Depok tengah fokus memantau pengendara dan juga petugas lapangan di jalanan lewat kamera pengintai atau CCTV yang berada di sejumlah lampu lalu lintas. 

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris juga mengeluarkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang cukup unik yakni mewajibkan pemilik mobil punya garasi. Belum lagi memberlakukan parkiran khusus bagi perempuan.

Kira-kira usulan ini bakal mengurangi kemacetan di Depok tidak ya?

Tags :
Rekomendasi