Melihat Peran Budi Gunawan dalam Pertemuan Mega-Prabowo

Tim Editor

Megawati menjamu Prabowo (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipuji banyak pihak. Sebab, beberapa tahun belakangan, hubungan Prabowo dan Megawati disebut-sebut tak akur karena perbedaan pandangan politik. 

Terbersitlah pertanyaan terkait siapa sosok berjasa yang menginisiasi pertemuan antara kedua tokoh yang pernah berpasangan di Pilpres 2009 itu. Nama Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan pun muncul sebagai inisiator di balik pertemuan keduanya.  `

BG --sapaan akrab Kepala BIN-- memang terlihat ikut dalam pertemuan yang dilakukan di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Dia tampak ikut berfoto bersama sebelum Prabowo masuk ke dalam kediaman Mega, ikut duduk di jajaran kursi tamu, dan ikut dalam agenda yang disebut sebagai 'diplomasi makan siang'. 

Meski begitu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menampik jika pertemuan Mega-Prabowo ada campur tangan Budi Gunawan. Menurut dia, keberadaan BG di sana karena tanggung jawabnya untuk memastikan suasana kondusif usai Pilpres 2019.


Rombongan Prabowo Subianto disambut rombongan Megawati Soekarnoputri. (Wardhany/era.id)

"Sejak awal kan namanya seluruh badan negara itu juga punya tanggung jawab pascapemilu untuk membangun suasana kondusif agar membangun rasa ketentraman," ungkap Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Apalagi, sebelumnya Hasto telah menyebut jika pertemuan Mega dan Prabowo ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Apalagi, Prabowo yang pernah bertemu Mega saat gelaran Asian Games 2018 itu disebut-sebut merindukan nasi goreng buatan Presiden RI ke-5 tersebut.

"Kalau kita lihat selama masa kampanye pada saat Asian Games itu kan Bu Mega bertemu dengan Pak Prabowo dan bergabung Pak Jokowi," jelas Hasto.

"Sejak saat itu sebetulnya Pak Prabowo sudah kangen sama masakan Bu Megawati Soekarnoputri," imbuhnya.

Adanya Budi Gunawan dalam pertemuan penting ini, sebenarnya juga tampak saat Jokowi bertemu dengan Prabowo. Saat itu, BG memang disebut-sebut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung punya andil besar menjembatani pertemuan antara keduanya. 

"Ya Pak Budi Gunawan ini kan Kepala BIN. Tentunya bekerja tanpa ada suara, dan alhamdulillah apa yang dikerjakan hari ini tercapai," tuturnya, di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain Budi Gunawan, dia juga menyebut, Pramono Anung dan Waketum Gerindra Edhy Prabowo juga memiliki peran penting dalam pertemuan ini.

"Ada Pak Pramono, ada Pak BG, Pak Edhy Prabowo itu org baik semua. Mereka memang bersahabat ya," ujarnya.

Tag: megawati soekarnoputri prabowo subianto

Bagikan: