Mencari Tahu Alasan Anies Pilih Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

| 26 Jul 2019 18:36
Mencari Tahu Alasan Anies Pilih Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi
Pulau D Reklamasi (Anto/era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di lokasi bekas proyek reklamasi, yang saat ini telah diubah nama menjadi Pantai Maju.

Pertimbangan pertama, Anies memilih lokasi lapangan luas yang mampu menampung banyak orang. Kedua, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini enggak ingin lokasi upacara 17 Agustus di tempat yang itu-itu saja.

Tahun 2017, Pemprov DKI menggelar upacara di Monumen Nasional. Tahun 2018, lokasi digeser ke Taman Lapangan Banteng. Oleh karenanya, pertimbangan pelaksanan upacara di Pantai Maju pada tahun ini karena Anies ingin memberi sentuhan lokasi variatif. 

"Kemarin kita coba di Lapangan Banteng, kemudian besok di mana lagi. Jadi, upacara 17-an tempatnya variasi, salah satu yang dipertimbangkan di situ (Pantai Maju)," ucap Anies di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Meski demikian, pemilihan lokasi upacara perayaan Hari Kemerdekaan di pesisir Jakarta ini masih dalam pertimbangan dan belum diputuskan secara resmi. "Itu semuanya masih dalam pertimbangan. Keputusannya belum. Masih ada waktu," ucap dia. 

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (JakPro) sebagai pengelola kawasan bekas pulau reklamasi tersebut mengungkap alasan mengapa memilih lokasi upacara 17 Agustus di Pantai Maju. 

Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hani Sumarno bilang wacana tersebut sudah diberitahu Anies Baswedan dari jauh-jauh. Kata Hani, Anies ingin Jakarta memiliki semangat mengendalikan kedaulatan darat, laut, dan udara.

"Jakarta adalah kota pelabuhan, kota pesisir, dan sejatinya kita akrab dengan laut. Apapun kondisi laut, kita memiliki kawasan berbatas laut ini jadi penanda bahwa Jakarta ini anak pantai. Ini juga menjadi representasi, kawasan pantai di pulau yang direkamasi ini diakses publik secara terbuka," ucap dia. 

Lebih lanjut, Hani menyatakan tema HUT RI yang ke 74 pada tahun 2019 ini adalah "Menuju Indonesia Unggul." Ia mengatakan perayaan HUT RI di Agustus mendatang akan menjadi unik dan menarik karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan lokasi jalan sehat dan lajur sepeda santai, atau yang disingkat menjadi "jalasena". 

"Kawasan Pantai Maju itu aksesnya syudah baik, sudah diaspal, juga di tengah ada kawasan rumput dan pohon. Waktu groundbreaking jalasena juga Pak Gubernur tanam pohon di sana," kata Hani. 

Rekomendasi