Waspada Banjir dan Jalan Rusak di Ibu Kota Baru, Penajam Paser Utara

Tim Editor

Penanganan darurat bencana longsor di Bukit Raya, Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto: penajamkab.go.id)

Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan Ibu Kota Negara pindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Ada lima alasan dua lokasi itu dipilih pemerintah. Pertama, risiko bencana sangat minimal, terutama dari banjir, tsunami, kebakaran hutan dan gempa bumi. Kedua, lokasinya yang berada di tengah-tengah Indonesia. 

Lalu, dua daerah tersebut yang berada berdekatan dengan kota-kota yang berkembang, terutama Balikpapan. Kemudian, infrastruktur juga lengkap," kata Jokowi, Senin (26/8/2019).

Terakhir,  wilayah tersebut sudah tersedia lahan yang luas milik pemerintah, yakni seluas 180.000 hektare.


Infografis (Ilham/era.id)

Khusus untuk Penajam Paser Utara, pada Juni-Juli tahun ini, wilayah tersebut mengalami bencana banjir. Banjir terjadi karena intensitas hujan yang tinggi.

Dilansir dari Republika, BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara memetakan beberapa daerah yang rawan banjir, di antaranya Desa Sesulu dan Kelurahan Waru di Kecamatan Waru, Desa Babulu Darat dan Babulu Laut di Kecamatan Babulu, serta di Desa Karang Jinawi, Argo Mulyo, Tengin Baru, Sukaraja dan Kelurahan Sepaku di Kecamatan Sepaku. 

Sementara, pada April 2019, jalan nasional trans Kalimantan yang melalui wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, dilaporkan mengalami kerusakan. Tercatat ada 127 titik jalan tersebut rusak.

Dilansir dari Bisnis.com, kerusakan itu berada dari simpang Silkar Petung menuju Sepaku terdata 95 titik, dan dari Penajam menuju Babulu sebanyak 32 titik kerusakan. Jumlah ini diduga akan bertambah di kemudian hari. 

Kerusakan jalan nasional tersebut, jelasnya disebabkan karena kendaraan yang melalui jalan itu kendaraan besar dengan bermuatan berat melebihi kapasitas jalan yang hanya 8 ton.

Tingkat kerusakan jalan trans Kalimantan itu terkategori cukup parah dan menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. 

Tag: ibu kota pindah

Bagikan: