Tokoh Papua: Bintang Kejora Itu Bendera Budaya

| 30 Aug 2019 17:37
Tokoh Papua: Bintang Kejora Itu Bendera Budaya
Konferensi pers di kantor Kemenkopolhukam tentang usai membahas masalah Papua (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Tokoh Papua Freddy Numberi mengatakan, Bendera Bintang Kejora bukanlah bendera negara. Dia menerangkan, bendera itu merupakan peninggalan penjajahan Belanda saat masa kolonial.

"Orang selama ini melihat bahwa bendera itu bendera negara, bukan. Bukan bendera negara itu. Itu adalah bendera, kalau Belanda sebutkan itu adalah land flag. Land flag itu bendera budaya, bendera tanah," kata Freddy dalam konfrensi pers di media center Kemenkopolhukam, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Karenanya, dia ingin masyarakat Papua tak sampai salah kaprah dengan sejarah bendera Bintang Kejora. "Mana ada Belanda mau bikin Papua merdeka, itu mimpi itu," tegas Freddy.

"Dia jadikan Papua sebagai provinsi di seberang lautan, iya. Karena dia ingin bercokol di Asia sini, maka dia pakai Papua mengadu domba kita. Sejarah ini harus kita pahami," imbuhnya.

Freddy mengajak masyarakat Papua untuk saling merangkul untuk saat ini. Sebab, dia melihat ada upaya untuk memecah belah dari pihak lain.

"Jadi saya imbau kalau ada masalah maka bicarakan dengan baik. Karena kita yakin, ketika kita saling merangkul maka negeri ini makin makmur," tutupnya.

Tags : kkb papua
Rekomendasi