Habibie Presiden Pertama di Taman Makam Pahlawan Kalibata

| 11 Sep 2019 22:08
Habibie Presiden Pertama di Taman Makam Pahlawan Kalibata
BJ Habibie (Instagram/habibieainunmovie)
Jakarta, era.id - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Kepastian pemakaman ini disampaikan oleh Tenaga Ahli Deputi IV Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin dan diputuskan setelah pihak pemerintah dan keluarga berunding soal pemakaman Habibie yang bakal dilangsungkan pada Rabu 11 September 2019.

"Rapat dipimpin oleh Bapak Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Disepakati dengan keluarga untuk besok upacara penyerahan dari keluarga kepada negara itu pada pukul 13.30 WIB," kata Ngabalin kepada wartawan di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Rencananya, jenazah Habibie bakal diantar ke TMP Kalibata pada pukul 12.30 WIB. Selanjutnya acara pemakaman yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo bakal dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB.

Sebelum diberangkatkan, serah terima dari keluarga kepada negara bakal dilakukan. Adapun pihak keluarga diwakili oleh anak bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie sedangkan pihak keluarga yang mewakili adalah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

"Di TMP nanti yang akan pertama kali menurunkan tanah ke dalam liang lahat adalah Mas Ilham. Kemudian penaburan bunga pertama oleh keluarga diwakili Om Timi, adik dari Pak BJ Habibie. Pidato atas nama keluarga dilakukan oleh Mas Thareq," ungkapnya.

Dari sejumlah Presiden RI yang telah berpulang, baru Habibie yang dimakamkan di TMP Kalibata. Presiden pertama RI Soekarno dimakamkan di Blitar, Jawa Timur; Presiden ke-2 Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah; Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dimakamkan di Jombang, Jawa Timur.

Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto setelah sempat menjalani perawatan intensif sejak 1 September. Menurut laporan, Habibie meninggal pukul 18.05 WIB akibat menurunnya kesehatan jantung.

Rekomendasi