Informasi Sepekan dalam Viral Minggu Ini
Informasi Sepekan dalam Viral Minggu Ini

Informasi Sepekan dalam Viral Minggu Ini

By Yudhistira Dwi Putra | 21 Jan 2018 15:00

Jakarta, era.id- Beberapa pagi dalam pekan ini jadi pagi paling sibuk bagi awak redaksi era.id, atau mungkin untuk seluruh kamar redaksi media massa lainnya. Sejumlah peristiwa dan fenomena terjadi. Isunya lengkap, mulai dari politik, sosial hingga isu nyeleneh santapan khas warga media sosial.

Dalam "Viral Minggu Ini", era.id memilih lima topik paling menarik dan banyak seliweran di jagat internet. 

1. Reshuffle Kabinet

Pagi hari, Rabu (17/1), kabar reshuffle kabinet mencuat. Di Istana Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa, Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki dan Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Secara politik, pengangkatan Idrus jadi sorotan. Langkah Jokowi disebut sebagai upaya mengikat dukungan Golkar pada Pemilu 2019.

2. Campak dan Gizi Buruk Asmat

Polda Papua akhirnya membentuk Satgas terpadu untuk menangani wabah campak dan gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua. Menurut catatan tim, sepanjang berlangsungnya kejadian luar biasa ini (KLB), 61 anak meninggal dunia. Selain melakukan pendataan, satgas juga bertugas mendistribusikan bantuan yang terdiri dari obat-obatan, susu bayi dan ibu hamil, serta makanan siap saji untuk 23 distrik yang mencakup 224 kampung.

3. Rumah DP Nol Rupiah

Sebuah kabar datang dari Balai Kota. Mimpi soal rumah DP nol rupiah nampaknya mulai kelihatan. Kamis (18/1), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan groundbreaking di lokasi yang konon akan didirikan sebuah hunian vertikal berkonsep rusunami atau rumah susun sederhana milik. Sejumlah syarat ditetapkan bagi siapapun yang berminat, mulai dari penghasilah yang tak boleh melampaui angka Rp7 juta

besar.

4. Mobil Bermuka Dua

Dari Kota Bandung, kabar soal mobil bermuka dua jadi viral. Setelah beberapa hari menjadi perbincangan netizen dan ditilang lantaran bentuk mobil yang tak sesuai ketentuan, sang pemilik mobil akhirnya buka suara. Ia mengaku mobil tersebut sengaja didesain untuk keperluan kontes.

5. Kebakaran Museum Bahari

Selasa pagi (16/1), sebuah kabar menyedihkan berembus dari utara Jakarta, bersama asap pekat yang berasal dari terbakarnya bangunan Museum Bahari. Kini, bangunan bersejarah di kawasan Sunda Kelapa yang menyimpan memori kejayaan maritim nasional itu sudah hangus dimakan api. Tak bisa lagi dikunjungi masyarakat untuk bertamasya, apalagi untuk dikunjungi anak-anak sekolah dalam agenda studi tur mereka. Kejadian ini menghanguskan koleksi miniatur model dan alat-alat navigasi laut sumbangan masa lampau, masa ketika Indonesia berjaya di lautan, masa ketika "jalesveva jayamahe" bukan cuma sebuah slogan.

Tags :
Rekomendasi
Tutup