Solusi 'Jembatan Indiana Jones' Butuh Tiga Bulan
Solusi 'Jembatan Indiana Jones' Butuh Tiga Bulan

Solusi 'Jembatan Indiana Jones' Butuh Tiga Bulan

By akuntono | 23 Jan 2018 08:16
Jakarta, era.id - "Ini seperti di (film) Indiana Jones," ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Di hadapan Anies, melintang sebuah jembatan. Bukan jembatan megah berbahan kokoh yang ia hadapi, melainkan sebuah jembatan gantung bermaterial ala kadarnya.

Ditopang sling baja yang dikaitkan pada pohon-pohon di sekitar lokasi, jembatan itu nampak tak aman untuk dilalui. Apalagi, alasnya hanya seng yang ditopang blok-blok kayu plus sejumlah tali penyeimbang yang telah putus beberapa dan menjuntai tak teratur.

Putusnya tali penyeimbang membuat jembatan yang melintang sepanjang 45 meter itu miring beberapa derajat di bagian tengah. Jembatan gantung itu terus bergoyang tiap kali Anies melangkahkan kakinya menuju sisi lain jembatan, menelusuri lebar badan Sungai Ciliwung di bawahnya.

Menurut warga sekitar, jembatan gantung di RT 11, RW 12, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan itu masih dilewati warga setiap harinya, meski tak sesering dulu ketika kondisi jembatan masih normal. Kini, kebanyakan warga memilih memutar lebih jauh.

Kepada warga, Anies berjanji akan membangun jembatan baru untuk mengakomodir kebutuhan mereka. Hal tersebut, dikatakan Anies, telah dikoordinasikan dengan Bina Marga. 

Selain itu, Anies juga akan menggandeng Pemerintah Kota Depok dalam pengerjaan jembatan tersebut. "Akan kami siapkan jembatan baru. Dalam waktu dekat (diperbaiki)," tutur Anies, Minggu (21/1).

Ditemui di kesempatan berbeda, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berjanji, dalam waktu tiga bulan, warga sekitar akan memiliki jembatan baru. "Saya sudah sempat bicara sama Pak Anies. Rencananya langsung dikerjakan dan akan memakan waktu dua sampai tiga bulan," kata Sandi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

(Foto-foto: Kominfotikdkijakarta)

Tertunda Lama

Sandi menuturkan, sejatinya perbaikan jembatan telah diajukan sejak lama oleh warga. Namun, perbaikan tak kunjung dilakukan oleh pemerintahan yang lalu. Meski begitu, Sandi menyadari kesalahan tersebut bukan semata kesalahan pemerintah DKI sebelumnya.

"Ini sudah tertunda-tunda bertahun-tahun. Jadi, Pak Anies cerita, kemarin ada masyarakat yang waktu itu sudah ada dijanjikan sebelumnya terbangun, tapi belum sampai terbangun. Kita gunakan kesempatan ini untuk tidak menyalahkan yang lalu-lalu," ungkap Sandi.

Untuk mempercepat pembangunan jembatan baru, Sandi mengatakan akan terus berkomunikasi dengan pihak terkait, termasuk Pemkot Depok dan Bina Marga, agar jembatan penghubung Jakarta Selatan dan Depok ini segera selesai.

Rekomendasi
Tutup