Mengintip Rundown Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

| 16 Oct 2019 14:18
Mengintip <i>Rundown</i> Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yakni Joko Widodo dan Ma'ruf Amin hanya tinggal beberapa hari lagi. Acara pelantikan itu bakal digelar pada Minggu 20 Oktober 2019. 

Berdasarkan agenda yang diterima, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bakal menggelar proses pra pelantikan atau gladi resik di Gedung DPR/MPR. Proses gladi kotor itu akan dilakukan pada Jumat 18 Oktober dan dilanjutkan dengan prosesi gladi bersih pada Sabtu 19 Oktober.

Rencananya, para anggota dewan diharuskan datang di Gedung DPR sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada pukul 14.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan tamu kehormatan, baik perwakilan negara sahabat dan pimpinan parpol politik.

Wakil Ketua MPR dari unsur DPD, Fadel Muhammad mengatakan, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilakukan singkat. Termasuk pidato dari Ketua MPR Bambang Soesatyo.

"Sudah ada (rundown). Sudah. Bambang sudah sebutkan tadi di istana negara. Hanya sambutan dari dia singkat, terus pembacaan keputusan dari KPU sesudah itu terus pelantikan presiden, sambutan Presiden (Jokowi) selesai," katanya, saat ditemui di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (16/10/2019).

Fadel juga menjelaskan, susunan acara pelantikan Presiden akan selesai sekitar pukul 15.30 WIB. "Mungkin setengah 4 selesai," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjamin adanya pengamanan ketat saat acara pelantikan sesuai prosedur tetap Kepolisian dan TNI. Pengamanan tersebut, termasuk pula untuk tamu-tamu negara yang akan hadir.

Menurutnya, pengamanan dilakukan agar acara pelantikan berlangsung tanpa gangguan. Sehingga dapat memberikan pesan positif kepada masyarakat dunia internasional.

Rekomendasi