Tips Sederhana Hadapi Gempa

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)


Jakarta, era.id - Terjadi gempa 6,1 skala richter pada kedalaman 61 kilometer di 81 kilometer Barat Daya Lebak, Banten. Gempa yang tidak berpotensi tsunami ini dirasakan hingga Jakarta dan membuat sejumlah warga panik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta menyarankan beberapa hal untuk menghadapi gempa. Di lansir dari laman http://bpbd.jakarta.go.id,  BPBD DKI Jakarta menyarankan sejumlah tips untuk menghadapi gempa.

Pertama, bila berada didalam bangunan, segera berlindung di bawah rangka bangunan atau di kolong benda yang kuat, seperti meja, kursi dan lainnya.  Setelah itu keluarlah menuju tempat terbuka menggunakan tangga darurat dan menjauhlah dari jendela kaca dan benda-benda yang berpotensi akan jatuh seperti lampu, lemari, vas bunga dan lainnya.

Kedua, bila berada diluar, carilah tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, baliho, pohon dan lainnya yang berpotensi roboh. Kemudian, bila sedang mengemudi, berhentilah dan menjauh dari jembatan atau terowongan.

Bila berada di pegunungan, hindari lereng dan jurang dan waspadalah dengan reruntuhan batu atau tanah longsor akibat gempa. Bila berada di pantai, segeralah berpindah ke daerah yang lebih tinggi untuk menghindari apabila gempa berpotensi menyebabkan gelombang tsunami.


(Infografis: Ayu/era.id)

Tag: gempa

Bagikan: