Kerja Sama Indonesia-Jepang

Tim Editor
Jakarta, era.id – Waktu semakin berlalu membuat tidak terasa persahabatan antara Indonesia dengan negeri sakura sudah mencapai kepala enam. Enam puluh tahun silam yaitu pada 20 Januari 1958, Indonesia dan Jepang memulai hubungan diplomatiknya dengan penandatanganan pampasan perang dari pemerintah Jepang kepada Indonesia.
Rasanya kurang bahagia kalau hubungan baik yang telah berjalan selama 60 tahun ini tidak dirayakan. Makanya, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menggelar acara khusus untuk memperingati enam puluh tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Festival musik dan tari diadakan sejak acara pembukaan pada 19 Januari 2018 hingga acara puncak pada 20 Januari 2018.

Pembukaan di area Museum Fatahillah digelar dengan menghadirkan Toshihiro Nikai sebagai utusan langsung dari Perdana Menteri Jepang, Rachmat Gobel sebagai utusan dari Indonesia untuk Jepang, dan tentunya Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Rombongan parlemen Jepang juga ikut datang memeriahkan loh! Ada lagi pemuda-pemudi Indonesia dari kalangan artis seperti Yuki Kato, Tulus, dan Haruka JKT 48 yang jadi Duta Persahabatan Indonesia dan Jepang. Tujuannya untuk semakin mengenalkan budaya Indonesia ke Jepang, serta sebaliknya sehingga membuat hubungan kedua negara jadi lebih baik lagi.

Seperti apa kemeriahan dan suasana perayaan 60 tahun persahabatan Indonesia-Jepang, saksikan video berikut ini!

Bagikan: