Aksi Demo Hong Kong 'Sampai' ke London

| 15 Nov 2019 18:05
Aksi Demo Hong Kong 'Sampai' ke London
Teresa Ceng (Guardian)
Jakarta, era.id - Menteri Kehakiman Hong Kong Teresa Cheng diserang demonstran saat melakukan kunjungan ke London, Inggris, Kamis (14/11/2019). Dia berada di London untuk kunjungan kerja yakni mempromosikan Hong Kong sebagai kota pusat penyelesaian peselisihan.

Para demonstran yang diduga adalah mahasiswa dan aktivis asal Hong Kong 'melabrak'. Cheng diserang hingga terjatuh sebelum akhirnya dievakuasi petugas keamanan. Selain mengalami kekerasan fisik, Cheng juga diteriaki dengan kata 'pembunuh' dan 'memalukan'.

Dalam pernyataannya seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (15/11/2019) Pemerintah Hong Kong menyebut Cheng mengalami luka serius, namun tak disebutkan secara terperinci apa luka yang dialaminya. Rekaman video dari insiden itu menunjukkan Cheng terjatuh saat digeruduk massa.

 

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengutuk tindakan pedemo di London yang menyerang Menteri Kehakiman Teresa Cheng. Dia diserang hingga terjatuh. Menurut Lam, ini adalah konfrontasi fisik pertama yang melibatkan seorang anggota kabinetnya sejak protes merebak enam bulan di Hong Kong.

Sosok Cheng disebut sebagai salah satu pejabat pemerintahan Hong Kong yang paling tidak populer, yang dipandang memainkan peranan penting dalam mendorong rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi ke China yang kini telah dicabut. RUU inilah yang memicu unjuk rasa besar-besaran di Hong Kong.

Rekomendasi