Puan: Beri Kesempatan Jokowi Mikirin Calon Dewan Pengawas KPK

Tim Editor

    Puan Maharani (Gabriella Thesa/era.id)

    Jakarta, era.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani meminta publik untuk memberikan kesempatan kepada Presiden Joko widodo untuk berpikir dan akhirnya memilih para Dewan Pengawas KPK. Ia yakin Jokowi nantinya akan memilih orang-orang yang punya integritas dan punya kredibilitas dalam penegakan hukum.

    "Apa yang menjadi keputusan presiden tentu saja kita berilah kepercayaan presiden untuk berpikir dulu lah. Pasti presiden juga lagi berpikir," kata Puan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).


    Puan Maharani (Gabriella Thesa/era.id)

    Dalam revisi Undang-Undang nomor 19 tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) menyebutkan bahwa ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh presiden melalui panitia seleksi. Namun, Pasal 69A Ayat (1) mengatur ketua dan anggota dewan pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh presiden. Mantan Menko PMK ini juga bilang jika Jokowi tak meminta pertimbangan dari DPR.

    "Sesuai UU dan hal-hal yang ada memang dewan pengawas itu memang dipilih presiden jadi kita percayakan kepada presiden," lanjutnya.

    Rencananya, Jokowi akan melantik Dewas KPK bersamaan dengan pimpinan KPK baru pada bulan Desember 2019 mendatang. Mantan Wali Kota Solo itu pun pernah mengatakan masih mendengar saran dan masukan dari berbagai pihak untuk nama-nama yang akan mengisi Dewas KPK.

    "Tapi percayalah yang terpilih memiliki kredibilitas yang baik," ujar Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (1/11).

    Tag: kpk

    Bagikan :