Erick Thohir Bakal Benahi Pembentukan 'Anak dan Cucu' BUMN

| 02 Dec 2019 15:46
Erick Thohir Bakal Benahi Pembentukan 'Anak dan Cucu' BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir (dok. Era.id)
Jakarta, era.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan menerbitkan peraturan menteri (Permen) terkait pembentukan anak usaha BUMN. Permen itu akan mengatur pembentukan 'anak dan cucu' perusahaan pelat merah.

"Permen pembentukan anak usaha dan cucu usaha harus ada alasanya. Kalau alasannya enggak jelas. Saya stop," kata Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Selain alasan yang jelas, pembentukan anak usaha BUMN, kata dia, harus selaras dengan bisnis induknya. Mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan ini mencontohkan BUMN Garuda Indonesia yang memiliki anak usaha bergerak pada bidang ground handling pesawat yakni PT Gapura Angkasa. Padahal menurutnya sudah ada Angkasa Pura yang memiliki bisnis sejenis.

Rencana dibuatnya Permen itu juga dilandasi banyaknya BUMN yang saat ini memiliki anak usaha. Bukannya menguntungkan, 'anak dan cucu' BUMN malah membebani induknya. "Lihat PT Krakatau Steel, anak usahanya berapa 60 anak usaha dengan hutang mencapai Rp 40 triliun," kata Erick.

Maka dari itu Erick menjelaskan Permen yang bakal mengatur pembentukan anak usaha BUMN tersebut akan memberikan kepastian pembentukan anak usaha perusahaan BUMN.

"Tapi disitu kita juga ada hak untuk mereview anak usaha ini," ujar dia.

Tags : bumn
Rekomendasi