Leonard Theosabrata, Dari The Goods Dept ke Smesco

| 27 Dec 2019 11:24
Leonard Theosabrata, Dari The Goods Dept ke Smesco
Leonard Theosabrata (Instagram)
Jakarta, era.id - Pendiri jaringan ritel dan kafe The Goods Dept Leonard Theosabrata diangkat menjadi Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (Smesco Indonesia).

Leonard dinilai sukses dalam jaringan ritel dan kafe The Goods Dept yang sudah tersebar di beberapa mal di Jakarta. Leonard juga aktif memberi workshop dan melatih ribuan peserta untuk meningkatkan keterampilan usaha, sampai dengan Jakarta Creative Hub sebagai simpul kreatif bagi para kreator di Jakarta.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai, Leonard memiliki kompetensi yang baik untuk menjalankan jabatannya sebagai Dirut Smesco. Kemenkop UKM terus mendorong untuk pencapaian UMKM naik kelas secara nyata. Pemerintah menargetkan nilai ekspor produk UKM, yang saat ini hanya 14,5 persen meningkat menjadi 30 persen pada tahun 2024. 

"Smesco diharapkan semakin ramai pengunjungnya dan dapat terus memfasilitasi para pelaku UKM dengan aneka program dan kontennya. Smesco pun dapat menjadi simbol kerja sama lintas stakeholder dari UKM Indonesia sampai mengantarkannya ke pasar global dan memenangkannya," kata Teten dalam siaran pers, Kamis (26/12).

Kedepan Smesco akan difokuskan menjadi center of excellence dan commercial hub bagi para pelaku UKM Indonesia. "Ini meliputi riset dan pengembangan, pengembangan SDM, penguatan proses produksi, juga pemetaan kebutuhan pasar secara holistik dan seluruh elemen pendukungnya," ucap teten.

Sementara itu, Leonard mengaku akan berusaha membantu para pengusaha UKM dalam mengembangkan usahanya.

"Semoga dengan posisi sebagai Dirut Smesco, saya bisa membantu UKM Indonesia dengan baik, inilah saatnya bersumbangsih kepada negara," katanya.

Leonard mempersiapkan perencanaan adanya Makerspace (Collective Studio), aktivitas edukasi, link and match, coworking area, galeri ritel, event area, food & beverage area, legal corner, hingga consulting area di Gedung Smesco.

"Fokus Smesco di gedung yang luar biasa besar ini, kita akan mengakomodasi semua UKM yang memberikan contoh, jadi saya pikir ini konteksnya future 10 tahun," ucapnya.

 

Rekomendasi