Tur Lapas Novanto: Dari Sukamiskin, Gunung Sindur, Hingga Cipinang

| 27 Dec 2019 18:42
Setya Novanto (era.id)
Jakarta, era.id - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, mengatakan terpidana kasus tindak pidana korupsi Setya Novanto dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang selama menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

"Sebenarnya bukan pemindahan, karena ini jauh dari Bandung (Lapas Sukamiskin), jadi ini dia hanya statusnya itu sementara mengawal itu pegawai lapas Cipinang," ujar Liberti saat ditemui di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).


Liberti Sitinjak (Gabriella Thesa/era.id)

Setelah dinyatakan sembuh, kata Liberti, mantan ketua DPR RI yang tersandung kasus korupsi e-KTP itu akan kembali dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Jawa Barat. Namun dia tak tahu pasti berapa lama Setya Novanto akan berada di Lapas Cipinang, menurutnya hal itu tergantung pemeriksaan dokter.

Liberti mengatakan, saat ini proses pemindahan Setnov ke Lapas Cipinang sudah dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. "Sekarang yang bersangkutan dalam proses pemeriksaan di RSPAD, jadi segala prosedur sudah," katanya.

Untuk pengawalan Setnov di Lapas Cipinang, kata Liberti, pihaknya sudah menyiapkan pengawalan ketat. selama Setnov berada di RSPAD maupun di Lapas Cipinang. Menurutnya, setiap hari akan ada dua pegawai lapas yang berjaga secara bergantian.

"Dari pegawai lapas Cipinang, ada dua kalo ga salah. Yang satu setiap hari, Itu kan shift, ada pagi ada sore," papar Liberti.

Novanto diketahui sudah beberapa kali pindah lapas. Keberadaan terpidana 15 tahun penjara ini selama di Lapas Sukamiskin kerap menuai kontroversi. Ia diberitakan sering keluar lapas dan sel nya terbilang mewah.

Pada Juni 2019 lalu, ia dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Bogor karena kedapatan pelesiran saat ditahan di Lapas Sukamiskin. Sebulan di Rutan Gunung Sindur, ia kemudian dikembalikan ke Lapas Sukamiskin.

Akhir tahun ini, politisi Golkar tersebut dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenkumham Jabar dan Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala, Setnov benar sakit dan sedang dirawat di rumah sakit tersebut.
 
Tags : setya novanto
Rekomendasi