Iran Bakal Balas Serangan Amerika

Tim Editor

Mayor Jenderal Qassem Soleimani (Guardian)

Jakarta, era.id - Iran berjanji akan membalas dendam atas kematian Komandan pasukan elitnya Mayor Jenderal Qassem Soleimani yang tewas karena dirudal pesawat tak berawak milik Amerika.

Selain Soleimani, Komandan milisi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis juga tewas. Berdasarkan keterangan kelompok paramiliter Irak, tiga buah roket menghantam Bandara Internasional Baghdad sehingga menewaskan dua "tamu" serta lima orang lainnya yang merupakan anggota kelompok paramiliter itu.

"Balas dendam yang menghancurkan akan diambil atas terbunuhnya Soleimani. Kami akan membalas dendam dari semua yang terlibat dan bertanggung jawab atas pembunuhannya," kata Hatami seperti dilansir Reuters, Jumat (3/1/2020).

Selain memakan korban jiwa, roket yang mendarat di dekat terminal kargo itu juga mengakibatkan dua unit kendaraan terbakar serta melukai sejumlah orang.


Serangan Amerika (Guardian)

Pembunuhan Soleimani adalah respon Amerika terhadap serangan terhadap kedutaan AS di Irak oleh milisi pro-Iran,dan milisi Hezbollah pimpinan Muhandis. 

"Atas arahan Presiden, militer Amerika telah mengambil tindakan tegas untuk melindungi personel Amerika di luar negeri dengan membunuh Qassem Soleimani," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Soleimani, yang memimpin Pasukan Pengawal Revolusioner Iran untuk urusan luar negeri serta memegang peranan kunci dalam pertempuran di Suriah dan Irak.
 

Tag: wiranto

Bagikan: