Ada 170 WNI di Sekitar Gunung Taal

| 13 Jan 2020 18:50
Ada 170 WNI di Sekitar Gunung Taal
Evakuasi warga di Filipina (GMANews)
Jakarta, era.id - Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, erupsi freatik pada Minggu (12/01) pukul 17.30 waktu setempat. Fasilitas umum dan layanan publik di wilayah Cavite lumpuh.

Adapun di sekitar wilayah Cavite terdapat 170 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal disana dan sebagian besar adalah mahasiswa.

Direktur Perlindungan Warga dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, Tim Perlindungan KBRI Manila Senin pagi ini, (13/1) telah berada di wilayah Cavite untuk memantau situasi, berkoordinasi dengan otoritas setempat dan memberikan bantuan kepada para WNI. 

“Jika diperlukan, Tim akan mengevakuasi para WNI ke KBRI Manila,” ujarnya, Senin (13/1/2020).

Menurut Joedha, KBRI Manila juga telah sampaikan imbauan agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah. 

“Jika menghadapi situasi darurat agar segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung berapi Taal yang berada di dekat Ibu Kota Filipina, Manila memuntahkan abu pada Minggu (12/1). Gunung itu menembakkan kolom abu dan uap setinggi 15 km. Menurut laporan Reuters, peristiwa tersebut sempat menimbulkan gempa kecil.

Sekolah, kantor, dan bandara di Manila terpaksa ditutup karena ada kemungkinan Gunung Taal akan meletus. "Letusan berbahaya dapat terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari,” kata Kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, Renato Solidum seperti dikutip Reuters, Senin (13/1/2020).

 

Tags : gunung taal
Rekomendasi