Logo Kemenparekraf Yang Mirip Logo Presiden Amerika

Tim Editor

    Logo Kemenparekraf (IST)

    Jakarta, era.id - Logo baru Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif viral di media sosial. Banyak warganet menganggap logo baru kementerian pimpinan Wishnutama Kusubandio ini mirip dengan logo kementerian dan lembaga di Amerika.

    Logo baru Kemenparekraf ini menjadi viral di Twitter usai diunggah akun @imanlagi pada Senin (13/1/2020) lalu. Tapi, selain diangap mirip dengan lembaga-lembaga yang ada di Amerika Serikat, banyak juga yang membela dan bilang bahwa desain logo ini lebih kreatif dan modern.


    Logo Presiden Amerika (wikipedia)

    Pada logo ini terdapat gambar Garuda Pancasila dan lambang padi dan kapas yang melingkarinya serta memiliki latar warna biru gelap perpaduan kelir warna emas. Logonya yang membundar terdapat di tepi logo yang berlambangkan ideologi negara, logo ini menampakkan tulisan kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia. Sekilas, terdapat tulisan "Kemenparekraf/Baparekfraf' di bagian atas dan tulisan 'Republik Indonesia' di bagian bawah.

    Total, ada empat varian logo yang muncul: dua logo resmi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan dua logo lain yang disebutkan bisa dipergunakan dengan warna terbatas semisal untuk stempel.

    Menteri parekraf Wishnutama membeberkan pendapatnya soal logo tersebut. Baginya, penciptaan logo tersebut hadir dengan proses kajian yang panjang. 

    "Logo ini sudah melalui kajian dari tim sejak saya masuk sebagai menteri. Soal warna, font (bentuk huruf), itu mempertimbangkan estetika," ujar Wishnutama kepada wartawan, kemarin.

    Menurutnya, mencantumkan logo burung Garuda sangatlah wajar dilakukan oleh kementrian dan lembaga negara karena logo tersebut memiliki makna dan maknanya yang berarti menghormati ideologi negara. Peluncuran logo ini adalah logo resmi sebagai pengganti logo yang lama. Logo kementrian harus diganti dengan adanya nomenklatur baru.

    Logo resmi Kemenparekraf ini digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang sangat formal. Untuk melakukan suatu pemasaran dan promosi, dalam waktu ini Kemenparekraf akan meluncurkan nation branding. Baginya, nation branding memiliki desain yang lugas, detail, berani, menarik dan kekinian.

    Tim Wishnutama sedang mempersiapkan yang terbaik untuk nation branding. Rencananya akan diluncurkan pada Agustus 2020 bersamaan dengan HUT RI ke-75.

    "Kalau dulu logo kementerian dan logo untuk keperluan promosi jadi satu. Sekarang kami pisah. Ini sebagai bentuk pembaruan," ujar Wishnutama.

    Bagikan :


    REKOMENDASI