PDIP Ajukan Cawapres untuk Jokowi
PDIP Ajukan Cawapres untuk Jokowi

PDIP Ajukan Cawapres untuk Jokowi

By Moksa Hutasoit | 29 Jan 2018 20:31
Jakarta, era.id - Nama cawapres untuk Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 jadi perbincangan. Kalangan hijau alias santri disebut-sebut yang paling cocok untuk mendampingi Jokowi

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik PDI Perjuangan, Puan Maharani mengatakan partainya belum sepakat dengan usulan itu. PDIP, katanya, punya segudang tokoh yang bisa diajukan kepada Jokowi sebagai pendamping. Siapakah dia, Puan belum mau menyebutnya.

"Yang pasti PDI Perjuangan punya tokoh-tokoh yang punya kapabilitas dan kapasitas yang harusnya memang mampu dan siap ditugaskan, tapi siapa itu, akan dibicarakan," kata Puan di DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Di sisi lain, dia mengatakan, untuk mencalonkan capres dan cawapres dalam Pemilu 2019, ada syaratnya. Yaitu, ambang batas 20 persen suara nasional dan 25 persen suara parlemen. Dengan begitu, harus melihat akumulasi persentase partai yang mendukung Jokowi dalam Pemilu 2019 nanti.

"Calon presiden dan calon wakil presiden itu kan harus didukung partai politik yang suaranya itu 20 persen dan 25 persen keberadaannya di parlemen, ya kita lihat nanti apakah itu memang mencukupi atau enggak," kata Puan.

Saat ini, Jokowi sudah mendapatkan dukungan dari Partai NasDem, Hanura, Golkar dan PPP. PDIP yang merupakan 'pemilik' Jokowi belum mendeklarasikan dirinya.

 

Rekomendasi
Tutup