Dinkes Duga WN China Kena Covid-19 Setelah Pulang dari Bali

Tim Editor

Ilustrasi (China Daily)

Jakarta, era.id - Seorang warga China dilaporkan terinfeksi Covid-19 setelah pulang dari Bali akhir bulan lalu. Dinas Kesehatan Provinsi Bali kini tengah melakukan penyisiran aktivitas dan data terkait warga kota Huainan, Provinsi Anhui, China bernama Jin itu.

"Kami sedang melakukan tracking, jadi sedang dicek di mana keberadaannya dulu selama di Bali," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Ketut Suarjaya, seperti dikutip dari AsiaOne, Kamis (13/2/2020).

Berdasarkan informasi dari akun resmi Pemerintahan Provinsi Anhui di situs mikroblogging Weibo, Jin sempat berkunjung ke Bali pada 22-28 Januari lalu. Menurut Suarjaya, WN China tersebut sudah melewati masa inkubasi virus SARS-COV-2 selama 14 hari. Artinya selama di Bali, WN asal China tersebut negatif Covid-19.

"Kami harus memeriksa tanggal kapan ia berada di Bali. Masa inkubasi virus corona adalah 14 hari. Kami belum tahu di mana tepatnya ia terinfeksi. Kami belum tahu apakah ia terinfeksi virus korona sebelumnya? Dia memang pergi ke Bali, ada kemungkinan dia terkena virus ketika kembali ke China", ucap Suarjaya.

Diketahui, Jin bepergian ke Bali dengan maskapai Lion Air Wuhan-Denpasar pada 22 Januari dan kembali ke China dengan Garuda Indonesia Denpasar-Shanghai pada 28 Januari lalu. 

Saat ini ada dua pasien asal China sedang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, Bali. Kedua pasien mulai dirawat tadi malam dengan gejala mirip Covid-19.

Tag: covid-19

Bagikan: