Dua Warga Batan Indah Terpapar Radiasi Cs-137

| 22 Feb 2020 13:05
Dua Warga Batan Indah Terpapar Radiasi Cs-137
Whole body counting (Dok. BATAN)
Jakarta, era.id - Hasil pemeriksaan whole body counting (WBC) kepada sembilan warga yang dijadikan sampel telah diumumkan oleh pihak Bapeten di Balai Kota Tangsel, Jumat (21/2). Pengumuman WBC ini disampaikan oleh Sekretaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendriyanto.

Dalam keterangan persnya, Hendriyanto mengaku lega karena hasil yang ditunggu-tunggu selama ini telah keluar dan diumumkan. Berdasarkan hasil pengecekan WBC yang dilakukan BATAN, mendapatkan hasil yang memuaskan, meskipun dua diantara sampel diindikasikan terdampak oleh paparan radiasi Cs-137.

"Hasilnya sangat melegakan dari hasil WBC tehadap sembilan orang tersebut ada dua orang terindikasi yang terukur Cs -137 tetapi tingkatnya sangat rendah, sedangkan tujuh orang lainnya tidak terukur yang artinya sangat kecil," Ujar Hendriyanto

Di tempat terpisah, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, BATAN, Heru Umbara mengatakan hal yang sama, berdasarkan hasil analisis Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi BATAN, dari 9 warga yang dijadikan sampel untuk pemeriksaan WBC, dua orang diantaranya positif terdeteksi terpapar Cs-137. 

Menurut Heru, dosis yang diterima kedua warga terkontaminasi tersebut masih berada di bawah ambang batas yang diperbolehkan. "Dari hasil tersebut, setelah dilakukan evaluasi dosis, diketahui bahwa dosis yang akan diterima oleh warga yang terkontaminasi sebesar 0.05 dan 0.12 miliSv/tahun. Jika dibandingkan dengan Nilai Batas Dosis masyarakat yang ditetapkan Bapeten sebesar 1 miliSv/tahun, nilai tersebut masih di bawah batas yang diperbolehkan," ujar Heru. 

Heru menambahkan, risiko kesehatan yang mungkin dialami oleh warga tersebut dapat dikatakan sama seperti masyarakat umum lainnya. Sehingga, bagi warga tersebut, tidak perlu ada tindakan khusus yang dilakukan selain pemantauan kesehatan berkala. 

Melihat hasil dari WBC ini, Heru bersyukur karena dampak yang ditimbulkan oleh paparan dari temuan Cs-137 di Perumahan Batan Indah tidak berdampak membahayakan bagi warga. Meskipun demikian, Heru tetap menghimbau selama area yang terpapar radiasi belum dinyatakan bersih oleh Bapeten, diharapkan warga tidak melintas garis pembatas yang telah dipasang.

"Kepada seluruh warga perumahan Batan Indah, tidak perlu khawatir dengan kejadian ini. Semua sudah ditangani dengan baik oleh pihak yang mempunyai kompetensi di bidangnya," pungkasnya. 

 

Tags : nuklir iran
Rekomendasi