Masjidil Haram Cuma Ditutup Semalaman

Tim Editor

Masjidil Haram (BBC)

Jakarta, era.id - Kerajaan Arab Saudi membuka kembali dua tempat paling suci bagi umat Islam, yakni Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Kedua tempat suci itu sempat ditutup untuk dilakukan sterilisasi guna mencegah penyebaran COVID-19.

Sterilisasi berlangsung semalaman, antara ba'da Isya hingga menjelang Subuh.

Seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (6/3/2020), Kerajaan Arab Saudi menutup dua lokasi ibadah Haji dan Umrah tersebut bagi jemaah asing dari 25 negara guna membendung penyebaran virus korona baru.


Masjidil Haram (Al Jazeera)

Pihak Kerajaan juga mengatakan warga dan penduduk dari negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk yang ingin memasuki kota tersebut harus terlebih dahulu menunggu 14 hari setelah kembali dari luar kawasan itu.

Sejauh ini ada lima kasus COVID-19 di Tanah Suci umat Muslim tersebut. Namun belum diketahui pasti apakah akses untuk Umrah bakal kembali dibuka usai sterilisasi.

Sejumlah area yang ditutup antara lain kompleks Masjid Nabawi termasuk area Raudah dan taman pemakaman Al Baqi'. Sementara di kompleks Masjidil Haram meliputi putaran tawaf sekitar Kabah, hingga tempat Sai antara bukit Safa dan Marwah dan tempat minum air zamzam.

"Dua masjid suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) akan ditutup satu jam setelah salat Isya dan dibuka kembali satu jam sebelum salat Subuh," tulis pernyataan resmi, Jumat (6/3/2020).

Tag: ibadah haji

Bagikan: