Ratusan Pendaki Terjebak di Pegunungan Nepal

Tim Editor

Gunung Everest. (Foto: Pixabay)

Jakarta, era.id - Ratusan pendaki terjebak di jalur pendakian pegunungan Nepal akibat kebijakan lockdown yang diberlakukan di wilayah tersebut. Sedikitnya 500 pendaki terperangkap disepanjang jalur pendakian tersebut.

Empat jalur pendakian di pegunungan Nepal yang juga menjadi jalur para pendaki telah ditutup selama sepekan. Penutupan akses ini lantaran pandemi COVID-19 dan upaya penekanan penyebaran virus tersebut.

Melansir dari CNN, Badan Pariwisata Nepal sedang melakukan koordinasi terkait evakuasi dan pemulangan para pendaki ke negaranya masing-masing. Pemerintah juga berupaya untuk mengambil langkah cepat terkait nasib dari ratusan pendaki tersebut.

"Kami bekerja sama dengan beberapa lembaga pemerintah untuk menyelamatkan para pendaki dan membawa mereka ke Kathamandu. Sehingga kami dapat berkoordinasi dengan kedutaan untuk menerbangkan mereka ke rumah," kata Shrestha seperti dilansir dari CNN.

Saat ini, kedutaan besar Jerman dan Prancis telah berencana untuk mengirim penerbangan ke beberapa daerah untuk menyelamatkan para pendaki. Badan Pariwisata Nepal dan Pemerintah Nepal juga masih menghubungi beberapa negara untuk bisa bekerja sama dan memulangkan para pendaki ke negara asal.

Pada awal bulan Maret, Pemerintah Nepal telah memutuskan untuk membatalkan seluruh agenda pendakian, termasuk puncak Himalaya, Gunung Everest akibat wabah COVID-19. Bahkan izin pendakian Gunung Everest telah dibatalkan hingga akhir April 2020.

Tag: covid-19 pendaki gunung

Bagikan: