Invasi Kambing Gunung di Jalanan Kota Wales Utara Saat Inggris Lockdown

| 01 Apr 2020 15:26
Invasi Kambing Gunung di Jalanan Kota Wales Utara Saat Inggris <i>Lockdown</i>
Kawanan kambing gunung liar terlihat menginvasi jalanan di Kota Wales Utara. (Twitter @AndrewStuart)
Jakarta, era.id - Kawanan kambing gunung liar terlihat menginvasi jalanan di Kota Wales Utara, tepatnya di sekitar jalanan Llandudno pada akhir pekan lalu. Kehadiran para kambing itu terjadi usai Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memerintahkan polisi untuk memberlakukan lockdown alias penguncian wilayah selama tiga pekan, menyusul wabah virus COVID-19 yang melanda negara itu.

Penduduk sekitar yang berada di Llandudno pun sempat terkejut dengan kedatangan sekelompok kambing gunung berwarna putih tersebut. Pasalnya, kambing liar itu tak segan untuk berjalan di tengah kota pesisir dan mengitari sepanjang jalan.

"Kambing itu hidup di bukit yang menghadap ke kota. Mereka tinggal di sana, sangat jarang menjelajah ke jalan," kata salah seorang warga seperti dikutip dari CNN.

Kawanan kambing itu dikenal dengan nama Kashmiri. Di mana asal usul leluhur kambing tersebut berada di India Utara. Bukan hanya mengitari jalanan kota saja, kambing liar ini juga tak segan untuk memakan rumput di halaman gereja.

 

"Mereka kadang-kadang datang ke Great Orme di bulan Maret, tetapi tahun ini mereka suka berkeliaran di jalan-jalan kota karena tidak ada mobil atau orang. Mereka menjadi lebih percaya diri tanpa orang," kata Mark Richards, dikutip dari CNN.

Fenomena langka ini pun tidak pernah terjadi sebelumnya. Di mana jalanan kota dipenuhi oleh sekelompok kambing gunung. Menurut Penny Andow yang merupakan anggota dewan, selama 33 tahun tinggal di sana, dia tidak pernah menemukan kambing liar itu di tengah kota.

Video dan foto yang beredar di sosial media pun seolah menguatkan dan membenarkan fenomena langka ini kepada publik. Bahkan pihak Kepolisian Wales Utara menerima panggilan telepon atas kejadian tersebut pada Sabtu (28/3).

"Kami tidak mengetahui adanya petugas yang mendatangi mereka karena mereka biasanya akan pulang sendiri," kata pihak kepolisian.

Kejadian langka ini tentu hanya terjadi ketika wabah COVID-19 mendunia. Di mana banyak sekali negara yang memberlakukan lockdown daerah dan menyebabkan satwa liar turun ke jalanan. Sedikitnya hingga Rabu (1/4) Inggris mencatat 25.150 kasus COVID-19 dengan total kematian mencapai 1.789 jiwa.

Rekomendasi