Jalan Perimeter Selatan Bandara Soetta Longsor
Jalan Perimeter Selatan Bandara Soetta Longsor

Jalan Perimeter Selatan Bandara Soetta Longsor

By bagus santosa | 05 Feb 2018 19:31
Jakarta, era.id - Hujan lebat yang terjadi di wilayah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang menyebabkan longsor. Longsor kali ini terjadi di Jalan Perimeter Selatan Bandara Soetta.

Merujuk pada akun Instagram @polisi_bandara_soekarnohatta, titik tepat longsor di underpass di jalur rel kereta bandara. Terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Satu kendaraan dikabarkan tertimpa longor. 

Saat ini petugas Polresta Bandara Soetta dan instansi terkait sedang melakukan evakuasi terhadap kejadian tersebut. 

Polisi kemudian mengimbau agar pengguna jalan menghindari lokasi tersebut dan memakai jalur alternatif menuju Tangerang dan sekitarnya. 

Longsor di  jalan perimeter selatan Bandara Soetta.  (Instagram @polisi_bandara_soekarnohatta)

Selain di wilayah Bandara Soetta, hujan deras di wilayah Bogor juga membuat kawasan At ta'waun, Riung Gunung, Desa Tugu Jalan Raya Puncak, dan Grand Hill Jalan Raya Puncak mengalami longsor. Di kawasan At ta'waun, longsor menyebabkan dua orang tewas dan tiga orang lainnya luka-luka.

Kepala Bagian Humas BMKG Hary Djatmiko menyebutkan hujan lebat di Bogor diprediksi masih akan berlangsung selama tiga hari ke depan. 

Menurut Hary, sejumlah wilayah di dataran tinggi seperti Puncak, serta dataran rendah di wilayah Jakarta patut diwaspadai warga. Pasalnya, kata Hary, hujan lebat di dataran tinggi dapat menimbulkan struktur tanah bergeser. Sementara di dataran rendah menyebabkan air dari hulu menuju dataran rendah.

"Longsor patut diwaspadai di dataran tinggi. Di dataran rendah, di kali, di sungai, yang berada di daerah cekungan diwaspadai banjir meningkat menjadi siaga banjir," kata Hary kepada era.id, Senin (5/1/2018).

Rekomendasi
Tutup