300 Teroris Asing Ancam Indonesia
300 Teroris Asing Ancam Indonesia

300 Teroris Asing Ancam Indonesia

By Ahmad Sahroji | 05 Feb 2018 20:39
Jakarta, era.id - 300 Foreign Terrorist Fighters (FTF) atau orang asing yang melakukan aksi terorisme, dikabarkan kembali ke Indonesia. Penyebabnya kekalahan ISIS dalam sejumlah perang di negara Timur Tengah.

Wakapolri Komjen Syafruddin memperediksi jumlah mereka akan terus bertambah dalam waktu dekat. Selain ke Asia Tenggara seperti Indonesia, ISIS juga diprediksi memasuki wilayah lain seperti Asia Barat, Asia Selatan, hingga Asia Timur.

"Kondisi global sekarang ini, bahwa situasi terorisme itu sedang cooldown. Dengan memperhatikan situasi yang ada di Syria dan Irak, itu sekarang ISIS mengalami kekalahan, sehingga cooldown," kata dia, Senin (5/2/2018).

Kendati demikian, akurasi jumlah anggota FTF yang diprediksi akan datang ke Indonesia masih menjadi perdebatan. Sebab, data dan informasi terus berkembang, baik data nasional maupun internasional.

Syafruddin usai rapat koordinasi bersama Menko Polhukam Wiranto dan Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius. (Fitria/era.id)

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) belum bisa memastikan jumlahnya. Kendati demikian, Syafruddin mengatakan Polri lebih mengutamakan antisipasi dan penanggulangan. Koordinasi dengan sejumlah lembaga pun tengah diupayakan untuk memproteksi Indonesia dari ancaman teror.

"Tugas kita semua stakeholders untuk tangani itu. Makanya ada rapat antar lembaga, antar departemen, agar semua lembaga yang menangani ini. Semua bisa antisipasi itu," ujar dia.

Rekomendasi
Tutup