Ekonomi Indonesia Tumbuh 2,97 Persen di Tengah Pandemi Korona

Tim Editor

Ilustrasi Rupiah (Pixabay)

Jakarta, era.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan I-2020 tumbuh 2,97 persen atau terkontraksi dibandingkan periode sama tahun lalu 5,07 persen.

"Kondisi ini sama seperti yang dialami negara-negara lain yang mengalami perlambatan begitu dalam," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

BPS mencatat ekonomi Indonesia yang melemah ini mulai dipengaruhi kondisi global pada triwulan I-2020 yang mengalami kontraksi karena adanya penyebaran COVID-19.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat memproyeksikan pertumbuhan ekonomi triwulan I-2020 bisa mencapai kisaran 4,5 persen-4,6 persen atau mulai di bawah lima persen.

Sri Mulyani mengatakan angka perkiraan ini masih lebih optimis karena pada periode Januari hingga awal Maret 2020 kegiatan perekonomian belum terdampak COVID-19.

Namun ia memastikan perkiraan realisasi yang positif itu tidak akan berlanjut karena pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2020 mulai terdampak dari penyebaran wabah yang makin meluas.
 

Tag: pertumbuhan ekonomi

Bagikan: