Antrean Beli Miras di India Rasa Antre Sembako Gratis

| 05 May 2020 21:20
Antrean Beli Miras di India Rasa Antre Sembako Gratis
Antrean di toko penjual miras di India. (Foto: Twitter/ABS-CBN News)
Jakarta, era.id - Pemerintah India dan Thailand memutuskan memberi kelonggaran lockdown yang sudah diterapkan selama kurang lebih satu bulan. Aktivitas warga pun mulai terlihat ramai, termasuk antrean membeli minuman keras (miras) di sejumlah toko yang sudah dibuka. 

Asit Banerjee, salah satu warga India yang antre membeli miras mengatakan, alkohol akan memberi dia kekuatan setelah selama beberapa waktu mengurung diri di rumah.

"Kami telah mengurung diri selama kurang lebih sebulan. Alkohol akan memberi kita energi untuk menjaga jarak sosial selama pandemi,” kata dia, dikutip dari AFP, Selasa (5/5/2020).

 

Petugas kepolisian pun terpaksa membubarkan ratusan warga yang mengular antre membeli miras. Hal itu untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) yang masih berlaku di India. Bahkan di daerah Ghaziabad bagian Uttar Pradesh, pihak kepolisian langsung menutup paksa sebuah toko yang baru dibuka lantaran terjadi penumpukan antrean.

Menurut keterangan kepolisian, di lokasi tersebut sempat terjadi bentrok akibat panjangnya antrean. Bahkan saking inginnya membeli miras, ada yang rela antre sebelum toko bir buka.

"Ada sekitar 20 hingga 25 orang di pagi hari dan toko itu buka sekitar dua jam," kata Sagar, salah seorang pembeli yang antre sejak pagi.

 

Kasus antrean di toko bir tidak hanya terjadi di India, melainkan juga di Bangkok, Thailand. Warga di sana berbondong-bondong mendatangi toko bir hingga salon sejak masa lockdown mulai dikurangi. 

Sebelumnya, beberapa tempat seperti restoran dan tempat penjual bir hanya melayani pesan antar selama masa pendemi COVID-19.

Bagi warga yang ingin pergi ke salon, diwajibkan untuk memesan sehari sebelumnya demi menghindari antrean yang panjang. Sementara warga yang akan berkunjung ke Taman Lumpini harus dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki area taman untuk olahraga atau sekadar bersanta

Tags : covid-19
Rekomendasi